Penulis Utama : Desi Wulandari
NIM / NIP : K6416014
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen. 2) Mengetahui implikasi Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap civic responsibility di Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh dan menyusun data penelitian, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu data reduction (reduksi data), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (verification).
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan: 1) Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen belum cukup baik walaupun sudah sesuai dengan aturan dan prosedur yang ada dan kriteria Program Keluarga Harapan (PKH) yang berkaitan dengan komponen kesehatan dan komponen pendidikan sudah sesuai, namun komponen kesejahteraan sosial masih belum sesuai dikarenakan sasarannya 70 tahun ke atas bukan 60 tahun ke atas. Selain itu saat penyaluran kendalanya secara teknik tidak ada dan saat pengambilan bantuan warga juga sudah memenuhi syarat hanya saja masih ada bantuan sosial yang belum tepat sasaran dan cara mengatasinya dengan diadakan stikerisasi untuk warga penerima bantuan tersebut. Stikerisasi tersebut digunakan untuk mensurve agar bantuan tersebut dapat diberikan kepada warga yang benar- benar tidak mampu. 2) Implikasi Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap civic responsibility di Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen berjalan belum cukup baik karena masih sebagian warga saja yang sadar dan mengundurkan diri dari penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan juga warga yang mengundurkan diri karena malu dengan tetangga.

Kata Kunci: Program Keluarga Harapan (PKH), Civic Resposibility

 

×
Penulis Utama : Desi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416014
Tahun : 2021
Judul : Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) dan Implikasinya Terhadap Civic Responsibility di Desa Dukuh, Kecamatan Tangen, Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K6416014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rusnaini., M.Si
2. Dr. Triana Rejekiningsih, SH., KN., MPd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.