Penulis Utama : Bening Brilianty Pamungkas
NIM / NIP : K7117041
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 4 Kalibagor serta kendala dan upaya yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan dokumen untuk mendapatkan data tentang kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 4 Kalibagor. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 4 Kalibagor sudah terlaksana dalam kategori baik. Kepala sekolah telah menjalankan peran sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator. Kedua, dalam kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu: kurang tegas dalam menerapkan kebijakan, kurang efektifnya pelaksanaan supervisi, dan kurangnya motivasi guru. Ketiga, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam menangani kendala untuk meningkatkan kinerja guru yaitu melakukan pendekatan dengan guru, memberikan contoh metode media pembelajaran yang inovatif, dan memberikan penghargaan dengan berwisata dan bingkisan.
Kesimpulan yang diperoleh adalah kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 4 Kalibagor sudah terlaksana dengan kategori baik yaitu kepala sekolah sudah berperan sebagai educator, manajer, administrator,supervisor, leader, inovator, dan motivator. Peran tersebut sudah memberikan peningkatan kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dari kinerja guru dalam melakukan pembelajaran sudah baik. Kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru mengalami kendala dan perlu adanya upaya untuk mengatasi kendala kepemimpinan kepala sekolah.

Kata kunci : kepemimpinan, kepala sekolah, kinerja guru

 

×
Penulis Utama : Bening Brilianty Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117041
Tahun : 2021
Judul : Kepemimpinan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di SD Negeri 4 Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117041
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.