Penulis Utama : Raras Indung Palupi
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : S022008047
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil terhadap Persalinan Prematur: Meta-analisis
Edisi :
Imprint : surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber : UNS
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Raras Indung Palupi. S022008047. 2022. Pengaruh Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil terhadap Persalinan Prematur: Meta Analisis. Tesis. Pembimbing Tesis 1: Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D. Pembimbing Tesis 2: Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D. Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret.

 

Latar Belakang: Kematian neonatal di dunia sebagian besar disebabkan oleh kelahiran prematur (43%), dan di Indonesia penyebab kematian neonatal terbesar adalah kelahiran prematur (45%). Salah satu penyebab ibu hamil mengalami persalinan prematur, yaitu infeksi saluran kemih karena terdapat perubahan sistem traktus urinarius pada saat kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis studi primer pengaruh infeksi saluran kemih pada ibu hamil terhadap persalinan preamtur dengan meta analisis.

Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan meta analisis dengan PICO sebagai berikut, population: ibu hamil. Intervention: Mengalami infeksi saluran kemih. Comparison: Tidak mengalami infeksi saluran kemih. Outcome: Persalinan prematur. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari tiga database yaitu Google Scholar, Pubmed, dan Science Direct. Kata kunci untuk mencari artikel (“urinary tract infection” AND “preterm labor” OR “premature birth” OR “premature labor”). Artikel yang disertakan adalah full text berbahasa Inggris dengan desain studi case-control tahun 2006 hingga 2022 dan melaporkan adjusted odds ratio dalam analisis multivariat. Pemilihan artikel dilakukan dengan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.

Hasil: Sebanyak 10 studi case control yang berasal dari Iran, Iraq, India, Tanzania, Ethiopia, dan Peru terpilih untuk dilakukan meta analisis. Data yang dikumpulkan menunjukkan ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kemih meningkatkan terjadinya persalinan prematur sebesar 2.19 kali dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengalami infeksi saluran kemih (aOR= 2.19; 95% CI= 1.80 hingga 2.66; p<0>

Kesimpulan: Infeksi saluran kemih pada saat hamil meningkatkan kejadian persalinan prematur.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
11. BAB I.pdf
12. BAB II.pdf
13. BAB III.pdf
14. BAB IV.pdf
15. BAB V.pdf
16. BAB VI.pdf
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
18. LAMPIRAM CRITICAL APRISAL.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vitri Widyaningsih, dr., M.S., Ph.D
2. Prof Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
Catatan Umum : Assalamualaikum wr. wb Kepada Yth Petugas Bebas Perpustakaan. Dengan berikut saya: NIM: S022008047 Nama: Raras Indung Palupi Prodi: S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Sudah menyelesaikan ujian seminar tertutup tesis, Mohon izin saya kirimkan draft persyaratan bebas perpustakaan. Mohon kesediaannya Bapak/Ibu untuk memproses, supaya saya dapat melanjutkan pemberkasan tahap selanjutnya. Terima kasih Wassalamualaikum wr. wb
Fakultas : Pascasarjana