Penulis Utama : Elvani Hertati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S812002007
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Magelang
Edisi :
Imprint : Kota Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pembelajaran IPS sebelum dilakukan pengembangan media game edukasi berbasis android di SD Negeri Banyubiru 2 dan di SD Negeri Muntilan; 2) mengembangkan media game edukasi berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa di SD Negeri Banyubiru 2 dan di SD Negeri Muntilan; dan 3) menganalisis keefektivan dan kelayakan media game edukasi berbasis android untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa di SD Negeri Banyubiru 2 dan di SD Negeri Muntilan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media game edukasi berbasis android menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu: 1) Tahap analisis kebutuhan media yang akan dikembangkan berbasis problematika siswa. 2) Tahap desain mencakup kegiatan mengembangkan ide konten. 3) Tahap pengembangan media sesuai rancangan dengan berbantuan software construct 2 dan penilaian rancangan produk. 4) Tahap implementasi dengan menerapkan atau memberikan perlakuan pada kelas eksperimen. 5) Tahap evaluasi data yang dapat didapat dari angket dan hasil belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Berdasarkan hasil observasi, proses pembelajaran IPS di SD Negeri Banyubiru 2 dan di SD Negeri Muntilan sebelum diadakan pengmbangan media diketahui bahwa guru belum mengoptimalkan beberapa aspek penunjang pembelajaran yakni media pembelajaran, sehingga pembelajaran yang terjadi sangat tidak efektif. 2) Media game edukasi berbasis android telah sukses dikembangkan dengan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate.  Hasil akhir berupa aplikasi game edukasi digital berbasis android. 3) Produk pengembangan media game berbasis android pada pembelajaran IPS layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Kabupaten Magelang berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan penilaian siswa. Hasil penelitian validator menyatakan dalam kategri sangat baik sebesar 83,73 dari ahli media dan 78,41 dari ahli materi. Serta, media game edukasi berbasis android memiliki keefektifan dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri Kabupaten Magelang. Hal ini terlihat dari hasil independent t-test pada saat post-test. Hasil uji independent t-test pada saat post-test di SD Negeri Muntilan diperoleh nilai thitung 5,712 > ttabel 1,673 dan hasil uji independent t-test pada saat post-test di SD Negeri Banyubiru 2 diperoleh nilai thitung 6,338 > ttabel 1,683 sehingga keputusan ujinya menolak Ho yang artinya pada saat post-test terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, media game edukasi berbasis android dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran untuk memfasilitasi pembelajaran, terutama saat pembelajaran online.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana