Penulis Utama : Richun Alfin Aizatin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218099
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Pengetahuan APD dengan Perilaku Penggunaan APD pada Pekerja Subkontraktor PT Yasa Wahana Tirta Samudera Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang: Industri galangan kapal merupakan industri yang berkembang dalam bidang perbaikan dan perawatan kapal. Produk jasa yang dihasilkan meliputi jasa pemeliharan dan perbaikan bagi kapal perang, penumpang, tanker, tunda, tongkang dan patroli. Setiap perbaikan memiliki potensi bahaya terpeleset, terjepit, terjatuh, tergores, dan tersetrum di setiap kegiatan. Adanya potensi bahaya tersebut diperlukan perilaku yang baik pada pekerja terhadap penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Alat yang sangat penting bagi pekerja untuk melindungi dari potensi bahaya yang terdapat dalam lingkungan kerja. Pengetahuan APD merupakan faktor yang mendominasi terjadinya perubahan perilaku penggunaan APD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan APD dengan perilaku penggunaan APD.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu pekerja subkontraktor PT Yasa Wahana Tirta Samudera Semarang sebanyak 153 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh sebanyak 91 responden. Pengetahuan APD diukur dengan kuesioner dan perilaku penggunaan APD diukur dengan kuesioner dan checklist. Data dianalisis dengan uji Spearman untuk hubungan variabel bebas dengan variabel terikat.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden memiliki pengetahuan APD yang kurang (47,3%) dan perilaku penggunaan APD yang kurang (45,1%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan APD dengan perilaku penggunaan APD dengan nilai p value = 0.001, r = 0.501 yang berarti sedang dengan arah korelasi positif (+).

Simpulan: Terdapat hubungan pengetahuan APD dengan perilaku penggunaan APD pada pekerja subkontraktor PT Yasa Wahana Tirta Samudera Semarang dimana semakin baik pengetahuan APD maka semakin tinggi perilaku penggunaan APD.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
Halaman Cover.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lusi Ismayenti, S.T., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi