Penulis Utama : Diah Fatmawati
NIM / NIP : K3116018
×

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan prototipe awal berupa Instrumen Asesmen Berbasis Permasalahan Siswa SMP yang didasarkan pada kajian teoritik dan kajian empirik yang telah divalidasi oleh ahli bidang Bimbingan dan Konseling serta diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (research and development). Desain penelitian dan pengembangan terdiri dari 3 (tiga) tahap, antara lain preliminary research, prototyping stage dan assessment phase. Tahapan penelitian dan pengembangan ini sampai pada tahap ke dua yaitu prototyping stage dengan uji kevalidan.
Tahap preliminary research dilakukan dengan mencari kajian empiris dan kajian teoritis. Kajian empiris dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket studi pendahuluan kepada 5 Guru BK dan 89 siswa SMP untuk mengetahui tingkat kebutuhan adanya pengembangan instrumen asesmen berbasis permasalahan siswa SMP. Hasil wawancara kepada Guru BK menunjukkan bahwa 4 dari 5 Guru BK telah menggunakan instrumen DCM dan AKPD untuk melakukan asesmen. Hasil penyebaran angket kepada 5 Guru BK menunjukkan persentase sebesar 95%, kemudian hasil penyebaran angket kepada 89 siswa SMP menunjukkan persentase sebesar 74%.
Tahap prototyping stage berisi penyusunan instrumen asesmen berbasis permasalahan siswa SMP berupa angket, melakukan uji validitas ahli dan uji instrumen yang meliputi uji validitas dan reliabilitas. Produk penelitian ini berupa prototipe awal buku panduan instrumen asesmen berbasis permasalahan siswa, buku instrumen asesmen berbasis permasalahan siswa, dan lembar jawab. Hasil validitas ahli terhadap buku panduan instrumen asesmen berbasis permasalahan siswa SMP menunjukkan angka sebesar 0.91 dengan kategori sangat tinggi. Hasil validitas ahli terhadap buku instrumen asesmen berbasis permasalahan siswa SMP menunjukkan angka sebesar 0.91 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji validitas instrumen terhadap 100 siswa SMP yaitu sebanyak 149 item pernyataan dinyatakan valid, serta hasil uji reliabilitas menunjukkan  angka sebesar 0.95 dengan kategori sangat reliabel. Berdasarkan hasil uji terhadap produk penelitian dan pengembangan di atas, maka dapat diambil simpulan bahwa produk valid dan siap diuji kepraktisan dan keefektifannya.

Kata kunci : Asesmen, Bimbingan dan Konseling, Permasalahan Siswa

 

×
Penulis Utama : Diah Fatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116018
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Permasalahan Siswa SMP Negeri di Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3116018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.