Penulis Utama : Dela Ramadhini Hertiana
Penulis Tambahan : 1. Fairuz Yasmin Majid
2.
NIM / NIP : I0518021
Tahun : 2022
Judul : Prarancangan Pabrik Isobutylene dari Tertbutyl Alcohol Kapasitas 45.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Isobutylene merupakan senyawa organik dengan rumus kimia C4H8 yang menjadi bahan baku pembuatan MTBE dan ETBE. Peluang berkembangnya industri isobutylene di Indonesia cukup besar, mengingat sampai saat ini kebutuhan akan isobutylene masih dipenuhi dengan cara impor. Pabrik isobutylene dengan bahan baku berupa tertbutyl alcohol akan didirikan di Cilegon, Banten pada tahun 2025 dengan kapasitas 45.000 ton/tahun.

Pembuatan isobutylene ini melalui tiga tahap yaitu tahap persiapan bahan baku, pembentukan produk, dan pemurnian produk. Pada tahap persiapan bahan baku, tertbutyl alcohol dinaikkan tekanan dan suhu sampai 13,6 atm dan 168,94°C. Pada tahap pembentukan produk, cairan tertbutyl alcohol dialirkan ke dalam Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB), isothermal dengan kondisi operasi 168,94°C dan tekanan 13,6 atm. Reaksi menghasilkan konversi sebesar 87,83?n berlangsung pada fase cair dengan bantuan katalis Para Toluene Sulfonic Acid (PTSA). Pada tahap pemurnian produk, isobutylene diturunkan suhunya hingga 119,75°C kemudian diturukan tekanannya hingga 5 atm yang mengakibatkan terjadinya campuran 2 fase. Campuran tersebut dipisahkan dengan separator. Hasil atas separator akan dimurnikan dengan menara distilasi (T-101) untuk memperoleh larutan isobutylene 99,8%. Sisa tertbutyl alcohol yang tidak bereaksi dari hasil bawah menara distilasi (T-101) dan hasil bawah separator dimurnikan dengan menara distilasi (T-102) untuk dikembalikan lagi sebagai arus recycle. Sementara hasil bawah menara distilasi (T-102) diumpankan menuju Unit Pengolahan Limbah (UPL) sebagai limbah cair. Pabrik isobutylene ini mempertimbangkan aspek-aspek safety, health, dan environment. Manajemen safety mengacu pada (Occupational Safety and Health Administration) OSHA’s Process Safety Management Standard. Peninjauan bahan-bahan yang berbahaya mengacu pada Material Safety Data Sheet (MSDS). Untuk manajemen lingkungan pada pabrik ini mengacu pada standar ISO 14001:2015.

Pabrik isobutylene dengan bahan baku tertbutyl alcohol sebanyak 1,329 kg tertbutyl alcohol / kg isobutylene mempunyai unit pendukung proses meliputi unit pengadaan air yang bersumber dari PT. Krakatau Tirta Industri, yaitu dengan kebutuhan sebesar 30,26 m3/jam. Unit pengadaan steam dengan kebutuhan saturated steam sebesar 8.063,12 kg/jam. Unit pengadaan listrik sebesar 685.853,06 kWh/tahun dari PLN. Unit pengadaan bahan bakar IDO sebesar 528,79 L/jam dan HSD sebesar 16,48 L/jam. Unit pengadaan udara tekan sebesar 62,56 m3/jam. Limbah cair akan dikirim ke Tempat Pengolahan Limbah (TPL). Limbah padat yang berasal dari limbah domestik ditampung di bak penampung kemudian dikirim ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pabrik juga didukung dengan laboratorium yang berfungsi untuk mengontrol kualitas bahan baku dan produk (viscometer tube, Infrared Spectrosopy,GC-MS) serta proses produksi (GC-MS).

Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi  line and staff. Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 170 orang yang terdiri atas karyawan shift dan non-shift.

Hasil analisis ekonomi didapatkan Rate of Return on Investment (ROROI) sebesar 45,21%. Payback Period (PBP) didapatkan 1,98 tahun. Break Even Point (BEP) sebesar 43,18 %, Shut Down Point (SDP) sebesar 24,30%, dan Cumulative Cash Ratio (CCR) sebesar 2,93. Bedasarkan evaluasi ketidakpastian pabrik akan mengalami kerugian apabila mengalami kenaikan pada Fixed Capital Invesment (FCI) sebesar 127%, mengalami penurunan pada harga produk sebesar 10%, mengalami kenaikan pada harga bahan baku sebesar 10%, dan mengalami kenaikan pada suku bunga sebesar 140%. Dari hasil analisa ekonomi dapat disimpulkan bahwa pabrik isobutylene layak untuk didirikan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
HALAMAN COVER.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Fadilah, S.T., M.T.
2. Ir. Paryanto, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik