Penulis Utama : Nisak Hargani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7518056
Tahun : 2022
Judul : Penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Di Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Nisak Hargani. K7518056. PENERAPAN SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, September 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Penerapan SAKIP pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, 2) Faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya hasil penilaian SAKIP Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, 3)Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan hasil penilaian SAKIP pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan pada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan sumber tertulis yang berkaitan dengan topik penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data interaktif dengan tahapan 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan SAKIP pada Sekretariat Daerah Kab. Sukoharjo terdapat beberapa tahapan yaitu a) perencanaan, b) pengukuran kinerja, c) pelaporan kinerja, dan d) evaluasi kinerja. 2) Faktor yang mempengaruhi kurang maksimalnya hasil penilaian SAKIP pada Sekretariat Daerah Kab. Sukoharjo antara lain a) kurangnya pemahaman pegawai terhadap SAKIP, b) kurangnya komitmen dari perangkat daerah, dan c) belum adanya sistem perencanaan, penganggaran, dan manajemen kinerja yang terintegrasi. 3) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil penilaian SAKIP antara lain a) mengadakan coaching clinic dan diklat SAKIP, b) memberikan reward and punishment, dan 3) menindaklanjuti rekomendasi pembuatan aplikasi SAKIP. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover Nisak Hargani.pdf
BAB I Nisak Hargani.pdf
BAB II Nisak Hargani.pdf
BAB III Nisak Hargani.pdf
BAB IV Nisak Hargani.pdf
BAB V Nisak Hargani.pdf
Daftar Pustaka Nisak Hargani.pdf
Lampiran Nisak Hargani.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
2. Nur Rahmi Akbarini, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP