Penulis Utama : Adinda Nabila Aura Amri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1518003
Tahun : 2022
Judul : Analisis Determinan Sekolah Melaksanakan Pembelajaran Luring Era New Normal (Studi Kasus SMKN 4 Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Adinda Nabila Aura Amri, ANALISIS DETERMINAN SEKOLAH MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN LURING ERA NEW NORMAL (STUDI KASUS SMKN 4 SUKOHARJO), Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 21 Juli 2022.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui determinan (faktor-faktor  yang mempengaruhi) sekolah melaksanakan pembelajaran luring dari aspek kurikulum, sarpras dan kesiapan siswa dan orang tua siswa serta mengkaji keberlangsungan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran luring dengan determinan tersebut 

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari wawancara langsung dengan informan, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber, Triangulasi data dan member check. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis interaktif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Prosedur penelitian terdiri dari tahap studi penelitian pada pedoman SKB 4 Menteri, tahap persiapan alat yang digunakan saat wawancara, tahap pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, tahap analisis data terdiri dari reduksi data; penyajian/ display data; dan kesimpulam, tahap kesimpulan berdasarkan pengumpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kesiapan kurikulum dalam sekolah melaksanakan pembelajaran luring ialah dengan menerapkan kurikulum 2013 yang di revisi, kurikulum ini masih sama dengan pembelajaran daring, namun bedanya pada pembelajaran luring harus fokus pada pencapaian kurikulum sedangkan pada pembelajaran daring fokus pada kesehatan guru dan siswa (2) Kesiapan sarpras sekolah yang secara kesediaan alat diusahakan maksimal mengikuti poin dari SKB 4 Menteri namun dinilai kurang maksimal bagi siswa secara pengaturan teknis  dimana dalam menggunakan alat cek suhu masih menimbulkan kerumunan (3) Kesiapan siswa dan orangtua dalam melaksanakan pembelajaran luring di masa pandemi Covid-19 sangat siap dengan dibuktikan nya surat izin orangtua dan surat vaksinasi siswa sebagai bentuk kesiapan. 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd
2. Dr. Sukatiman, S.T., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP