Penulis Utama : Edvira Annisa Sulistyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214013
Tahun : 2021
Judul : Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Cerpen Seribu Kebaikan Untukmu Karya Fauzan Mukhrim Dkk dan Manfaatnya dalam Pembelajaran Sastra Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1214013
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penanaman nilai pendidikan karakter dalam diri seseorang harus dimulai sejak dini. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan media karya sastra. Penelitian ini akan berusaha untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Buku Kumpulan Cerpen Seribu Kebaikan Untukmu karya Fauzan Mukhrim. Selain itu, hasil analisis tersebut kemudian akan diimplikasikan ke dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMP khususnya pada KD 3.15 dan 4.15 yang membahas tentang unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi.
Penelitian ini berjenis kualitatif dekskriptif, di mana penganalisisan karya sastra menggunakan pendekatan objektif teori strukturalisme murni. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis isi yang kemudian akan dibahas dengan teknik analisis data kualitatif menurut Miles dan Huberman di antaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter dalam Buku Kumpulan Cerpen Seribu Kebaikan Untukmu yaitu Integritas, Keyakinan, Kedisiplinan, Kerajinan, Kebijaksanaan, Kesetiaan, Keberanian, Kerendahan Hati, Kebaikan, dan Bersyukur. Karenanya, dapat dikatakan bahwa Buku Kumpulan Cerpen Seribu Kebaikan Untukmu karya Fauzan Mukhrim dkk sangat layak untuk dibaca khususnya oleh siswa dan anak-anak. Selain itu, nilai pendidikan karakter yang ditemukan selaras dengan muatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang disusun oleh Pemerintah sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dapat diaplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia KD 3.15 dan 4.15 dalam bentuk bahan/materi dan skenario pembelajaran. Bentuk pengaplikasian dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan media pembelajaran berbentuk peta pikiran (mind mapping).

Kata kunci : nilai, karakter, buku fiksi, pembelajaran

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP