Penulis Utama : Catri Budi Susanti
NIM / NIP : B0216014
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (i) bagaimanakah jenis metafora berdasarkan teori Stephen Ullmann yang digunakan dalam lirik lagu album Sinestesia karya Efek Rumah Kaca, (ii) bagaimanakah metafora konseptual berdasarkan domain sumber dan target yang terkandung dalam  lirik lagu album Sinestesia karya Efek Rumah Kaca?
Tujuan penelitian ini mencakup dua hal: (i) mendeskripsikan jenis metafora berdasarkan teori Stephen Ullman yang digunakan dalam Lirik Lagu album Sinestesia Karya Efek Rumah Kaca, (ii) mendeskripsikan metafora konseptual berdasarkan domain sumber dan target yang terkandung dalam Lirik Lagu album Sinestesia Karya Efek Rumah Kaca.
Data dalam penelitian ini adalah data kebahasaan berupa frasa, klausa, maupun kalimat yang mengandung metafora dalam bahasa Indonesia pada lirik lagu album Sinestesia karya Efek Rumah kaca.Sumber data dalam penelitian ini berupa album Sinestesia karya Efek Rumah Kaca yang telah dirilis pada tanggal 18 Desember 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Metode yang digunakan dalam analisis data diterapkan sesuai dengan hubungannya pada rumusan masalah. Metode yang digunakan adalah metode padan dan teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan daya pilah yang bersifat mental. Selain itu, teknik lanjutan yang digunakan adalah teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP) dengan bantuan metode analisis komponen makna.
Hasil analisis penelitian ini adalah (i) jenis-jenis metafora menurut Stephen Ullmann yang ditemukan dalam lirik lagu album Sinestesia karya Efek Rumah Kaca meliputi (1) metafora antropomorfis sejumlah 31 buah, (2) metafora binatang sejumlah 2 buah, (3) metafora dari konkret ke abstrak sejumlah 12 buah, dan (4) metafora sinaestetik sejumlah 2 buah, (ii) metafora konseptual berdasarkan domain sumber dan target menurut Zoltan Kovecses yang ditemukan dalam lirik lagu album Sinestesia karya Efek Rumah Kaca meliputi 9 domain sumber yaitu tubuh manusia (the human body), kesehatan dan penyakit (health and illness), binatang (animals), tumbuhan (plants), memasak dan makanan (cooking and food), panas dan dingin (heat and cold), cahaya dan kegelapan (light and darkness), gaya (forces), dan perpindahan dan arah (movement and direction). Sedangkan 9 domain target yang ditemukan yaitu emosi (emotion), keinginan (desire), pemikiran (thought), masyarakat dan negara (society and nation), politik (politics), komunikasi (communication), waktu (time), kehidupan dan kematian (life and death), dan kepercayaan (religion).

Kata kunci: semantik, metafora, jenis metafora, sinestesia

 

×
Penulis Utama : Catri Budi Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0216014
Tahun : 2021
Judul : Metafora dalam Lirik Lagu Album Sinestesia Karya Efek Rumah Kaca
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0216014
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.