Penulis Utama : Lina Dwi Cahya Ningrum
NIM / NIP : K5118038
×

Lina Dwi Cahya Ningrum. K5118038. ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM KETERAMPILAN (VOKASIONAL) BAGI ANAK AUTIS DI SLB AUTIS MITRA ANANDA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan program keterampilan (vokasional) anak autis di SLB Autis Mitra Ananda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yang meliputi 3 guru kelas dan 1 guru kelas yang merangkap sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipant dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru terdiri dari tiga tahapan yang meliputi perencanaan, langkah pembelajaran dan evaluasi. Perencanaan program diawali dengan adanya asesmen kemampuan peserta didik yang akan menjadi dasar penentuan kelas dan jenis program yang akan dikembangkan. Pembagian kelas yang ada di SLB Autis Mitra Ananda dilakukan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan program peserta didik sehingga tidak mengacu pada jenjang kelas dan usia. Program vokasional disusun berdasarkan tingkat kemampuan masing - masing peserta didik.

Pelaksanaan program keterampilan (vokasional) dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya dan waktu yang ada. Penggunaan pendekatan tematik untuk mengoptimalkan pembelajaran dan pelatihan kewirausahaan untuk memberikan pengalaman pada peserta didik. Pemanfaatan waktu luang dalam program vokasional juga dilakukan  untuk terapi bermain dan melatih motorik dan sensorik peserta didik. Setiap peserta didik mendapatkan tugas sesuai kemampuannya. Pemberian prompt dan reward diberikan sebagai bentuk motivasi bagi peserta didik.

Evaluasi pelaksanaan program dilakukan melalui tiga tahapan yang meliputi evaluasi  proses, evaluasi hasil, dan konsultasi dengan orangtua. Pelaksanaan evaluasi setiap peserta didik juga didasarkan perkembangan dan kemampuan masing - masing individu. Dukungan orang tua dalam pelaksanaan program keterampilan (vokasional) dapat membantu perkembangan peserta didik. Guru memberikan laporan tertulis terkait perkembangan anak setiap harinya kepada orang tua melalui buku penghubung orang tua.

×
Penulis Utama : Lina Dwi Cahya Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5118038
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM KETERAMPILAN (VOKASIONAL) BAGI ANAK AUTIS DI SLB AUTIS MITRA ANANDA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Anak Autis, Strategi Guru, Vokasional
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Yuwono, M. Pd
2. Dr. Supriyadi, M. Pd
Penguji : 1. Priyono, S. Pd, M. Si
2. Mahardika Supratiwi, S. Psi., M. A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.