Penulis Utama : Safira Parama Santati
NIM / NIP : I8318027
×

PT. Rumah Atsiri Indonesia berlokasi di Jalan Watusambang, Watusambang, Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah merupakan industri yang mengolah minyak atsiri dan produk turunannya. Komoditas minyak atsiri yang diproduksi adalah minyak atsiri sereh wangi (citronella), sereh dapur (lemongrass), dan palmarosa.
Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui proses distilasi yang digunakan di PT. Rumah Atsiri Indonesia, mengetahui proses pembuatan produk turunan minyak atsiri, mengetahui proses pengembangan eksperimen produk turunan minyak atsiri, membuat standar operasional prosedur penyimpanan alat dan bahan laboratorium, membuat standar operasional prosedur pengolahan minyak atsiri, dan membuat standar operasional prosedur pembuangan limbah laboratorium.
Pembuatan tugas akhir ini dilakukan dengan observasi atau mengamati kegiatan yang dilakukan di PT. Rumah Atsiri Indonesia dan melakukan wawancara dengan karyawan PT. Rumah Atsiri Indonesia.
Proses   pengolahan   minyak   atsiri   pada   PT.   Rumah   Atsiri   Indonesia
menggunakan dua metode, yaitu penyulingan menggunakan uap dan air (water and steam distillation) dan penyulingan menggunakan uap langsung (steam distillation). PT. Rumah Atsiri Indonesia memproduksi produk turunan dari minyak atsiri. Produk yang dihasilkan yaitu mosquito repellent, bath salt, liquid soap, minyak telon, soap bar, face mask, hand sanitizer gel, lotion bar, aromatic slime, solid perfume, bath bomb, lip balm, play dough soap, dan boreh body scrub. Proses pengolahannya menggunakan metode mixing atau pencampuran bahan-bahan baku. Pengembangan eksperimen pada PT. Rumah Atsiri Indonesia yaitu dengan pembuatan produk baru berupa hair mask dan shampoo bar menggunakan metode mixing, kemudian produk diujicobakan terlebih dahulu. Standar operasional prosedur penyimpanan alat dan bahan laboratorium disusun berdasarkan pengelompokan alat, perawatan alat, MSDS bahan, penanganan dan penyimpanan bahan kimia, dan prinsip perawatan alat dan bahan laboratorium. Standar operasional prosedur pengolahan minyak atsiri disusun berdasarkan prosedur pemeriksaan pra-distilasi, prosedur penyulingan, dan prosedur pembersihan alat. Standar operasional prosedur pembuangan limbah laboratorium disusun berdasarkan klasifikasi limbah, penanganan limbah, alat pelindung diri, potensi bahaya dan tindakan pencegahan keamanan.

 

×
Penulis Utama : Safira Parama Santati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8318027
Tahun : 2021
Judul : Pengolahan Minyak Atsiri dan Produk Turunan di PT. Rumah Atsiri Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Teknik Kimia Produksi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-I8318027
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sperisa Distantina, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.