Penulis Utama : Lutfia Nadhif Ulfa Amir
NIM / NIP : K3117047
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan profil gaya hidup hedonisme mahasiswa bidikmisi di FKIP UNS Angkatan 2017, (2) Mendeskripsikan profil motivasi belajar mahasiswa bidikmisi di FKIP UNS Angkatan 2017, (3) Mendeskripsikan perbedaan gaya hidup hedonisme mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan di FKIP UNS Angkatan 2017, (4) Mendeskripsikan perbedaan gaya hidup hedonisme mahasiswa jurusan soshum dengan jurusan saintek di FKIP UNS Angkatan 2017 (5) Menganalisis pengaruh antara gaya hidup hedonisme terhadap motivasi belajar mahasiswa bidikmisi di FKIP UNS Angkatan 2017.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa bidikmisi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Angkatan 2017 sebanyak 691 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 172 mahasiswa penerima bidikmisi di FKIP UNS Angkatan 2017 yang diambil secara acak dengan teknik simple random sampling dengan bantuan aplikasi SPSS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan (1) Analisis deskriptif untuk menemukan profil gaya hidup hedonisme dan profil motivasi belajar (2) Independent Sample T-test untuk menemukan perbedaan gaya hidup hedonisme mahasiswa laki-laki dengan mahasiswa perempuan dan perbedaan gaya hidup hedonisme mahasiswa jurusan saintek dengan jurusan soshum (3) analisis regresi linier sederhana menggunakan model summary dengan taraf signifikansi 0,05 (4) analisis korelasi sederhana dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mahasiswa bidikmisi di FKIP UNS Angkatan 2017 mayoritas memiliki gaya hidup hedonisme rendah, dengan presentase 70,9%. (2) Mahasiswa bidikmisi di FKIP UNS Angkatan 2017 mayoritas memiliki motivasi belajar sedang, dengan presentase 64%. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya hidup hedonisme mahasiswa laki-laki dengan mahasiswi perempuan. (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara gaya hidup hedonisme mahasiswa jurusan saintek dengan mahasiswa jurusan soshum (5) Terdapat pengaruh yang signifikan berkorelasi negatif antara gaya hidup hedonisme terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0>Penelitian ini memberikan sumbangan dalam ilmu pengetauhan khususnya di bidang bimbingan dan konseling. Melalui penelitian ini, guru bimbingan dan konseling mampu memahami bagaimana kualifikasi beasiswa bidikmisi, sehingga dapat melakukan pencegahan adanya ketidaksesuaian pemberian beasiswa bidikmisi. Penelitian ini juga memberikan sumbangan pada ilmu bimbingan dan konseling khususnya dalam bidang perkembangan individu.

Kata kunci : motivasi belajar, gaya hidup hedonisme, mahasiswa bidikmisi

 

×
Penulis Utama : Lutfia Nadhif Ulfa Amir
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117047
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2017 di FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3117047
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.