Penulis Utama : Hafid Fandi Yuliansyah
NIM / NIP : K4216032
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika sosial dan konsep slamet atau memayu hayuning bawana pada naskah sandiwara berbahasa Jawa Sinuwun Mbangun Tapa karya Bambang Sugiyarto serta relevansinya sebagai materi ajar Bahasa Jawa pada kompetensi dasar menelaah naskah sandiwara berbahasa Jawa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada naskah sandiwara berbahasa Jawa. Naskah yang diambil dibuat pada tahun 2018. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang berupa dialog yang memuat problematika sosial dan konsep slamet atau memayu hayuning bawana serta hasil wawancara dari informan yaitu guru. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan dua teknik, yaitu analisis isi atau analisis dokumen, wawancara. Teknik yang digunakan untuk uji validitas data adalah triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yang meliputi: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian menggunakan beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, penelitian dan pengumpulan data, analisis data, dan tahap akhir atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) problematika sosial pada naskah sandiwara berbahasa Jawa Sinuwun Mbangun Tapa karya Bambang Sugiyarto meliputi pelanggaran terhadap norma-norma dalam masyarakat, kejahatan, peperangan, dan masalah lingkungan hidup; (2) konsep slamet atau memayu hayuning bawana pada naskah sandiwara berbahasa Jawa Sinuwun Mbangun Tapa yaitu usaha manusia dalam menjaga dunianya dari tanah penjajah; (3) naskah sandiwara berbahasa Jawa tersebut relevan bila dijadikan sebagai materi ajar di tingkat SMP karena sudah memenuhi beberapa kriteria materi ajar yang baik yaitu penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik tingkat SMP, mempunyai isi cerita yang cocok untuk dikonsumsi peserta didik tingkat SMP, mempunyai pesan moral yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

Kata Kunci : naskah sandiwara, problematika sosial, konsep slamet, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Hafid Fandi Yuliansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216032
Tahun : 2021
Judul : Kajian Sosiologi Sastra dan Konsep Slamet dalam Naskah Sandiwara Sinuwun Mbangun Tapa Karya Bambang Sugiyarto Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Jawa Tingkat SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4216032
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.