Penulis Utama : Arina Firdaningrum
NIM / NIP : K7117030
×

Pemberlakuan pembelajaran daring di Indonesia saat ini, menyebabkan smartphone banyak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dinilai efektif untuk menyelenggarakan pembelajaran daring di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis smartphone dalam pembelajaran daring di SDN Podosoko 2 serta kendala dan solusi yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Untuk teknik analisis data, peneliti menggunakan model analisis data menurut Miles and Huberman yang meliputi data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication.
Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) Penerapan media pembelajaran berbasis smartphone dalam pembelajaran daring di kelas V terlaksana dengan kategori baik yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Media smartphone digunakan untuk proses pembelajaran daring dan sumber belajar siswa. Guru membuat whatsapp group kelas untuk menyampaikan materi pelajaran, informasi, tanya jawab, penugasan, dan pengumpulan tugas. Siswa mengakses google dan youtube untuk mencari informasi terkait pelajaran.           2) Dalam pelaksanaan penerapan media pembelajaran berbasis smartphone dalam pembelajaran daring, ditemukan beberapa kendala. Kendala yang muncul meliputi: (a) belum semua siswa memiliki media smartphone; (b) koneksi internet tidak stabil; (c) kurangnya antusias siswa; dan (d) kurangnya pendampingan serta pengawasan orang tua kepada siswa dalam belajar. 3) Guru mengupayakan solusi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Solusi yang dilakukan meliputi:         (a) membuat kelompok belajar bagi siswa yang tidak memiliki media smartphone; (b) pengumpulan tugas langsung ke sekolah dan tidak ada presensi daring;         (c) meningkatkan kualiatas guru dalam mengajar daring; dan (d) sekolah memberi apresiasi kepada orang tua/wali siswa.
Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu pelaksanaan penerapan media pembelajaran berbasis smartphone dalam pembelajaran daring di kelas V dalam kategori baik yaitu untuk proses pembelajaran dan sumber belajar siswa. Media pembelajaran berbasis smartphone digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran, informasi, tanya jawab, penugasan, pengumpulan tugas, dan sumber belajar melalui aplikasi google dan youtube. Dalam pelaksanaan penerapan media pembelajaran berbasis smartphone dalam pembelajaran daring di kelas V memunculkan beberapa kendala, namun sekolah telah mengupayakan solusi untuk mengatasinya.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Smartphone, Pembelajaran daring.

 

×
Penulis Utama : Arina Firdaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117030
Tahun : 2021
Judul : Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone dalam Pembelajaran Daring Kelas V (Studi Kasus di SD Negeri Podosoko 2 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2020/2021)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117030
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.