Penulis Utama : Fajar Puji Charisma
NIM / NIP : B0218018
×

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pandangan dunia pengarang dalam Novel Lampuki (2011) yang diciptakan oleh Arafat Nur sebagai bentuk kritik sosial terhadap masyarakat Aceh yang terpuruk akibat konflik GAM. Novel Lampuki (2011) menjadi sarana pengarang untuk menunjukkan keberpihakkannya dan menyampaikan pandangan dunianya. Analisis novel ini dilakukan dengan menggunakan strukturalisme genetik Lucien Goldmann dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) seperti apa struktur teks dan struktur sosial novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur? (2) seperti apa latar genetika sosiologis pengarang dalam novel Lampuki? (2011) karya Arafat Nur? (3) bagaimana homologi antara struktur teks dengan struktur sosial dalam novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur? dan (4) seperti apa pandangan dunia pengarang yang diekspresikan dalam novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui struktur teks dan struktur sosial novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur, (2) mengetahui latar genetika sosiologis pengarang dalam novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur, (3) mengetahui homologi antara struktur teks dengan struktur sosial dalam novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur, dan (4) mengetahui pandangan dunia pengarang yang diekspresikan dalam novel Lampuki (2011) karya Arafat Nur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalisme genetik. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode dialektika.
Simpulan penelitian ini adalah: (1) struktur teks novel Lampuki menunjukkan berbagai oposisi yang membawa gagasan humanisme (2) profesi Arafat Nur sebagai jurnalis berpengaruh terhadap proses kreatif penulisan karya-karyanya yang berkisah mengenai kondisi sosial masyarakat Aceh (3) kemunculan novel Lampuki dilatarbelakangi oleh kondisi sosial masyarakat Aceh pada masa pascakonflik (4) pandangan dunia yang muncul merupakan pandangan yang didasarkan atas nilai-nilai kemanusiaan. Pandangan yang dibawa Arafat Nur mewakili kelompok sosial humanisme religius. Humanisme religius menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, menghargai hak asasi manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Pandangan dunia ini menunjukkan bahwa pengarang memperjuangkan misi-misi kemanusiaan melalui ajaran agama yang dianutnya.

×
Penulis Utama : Fajar Puji Charisma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0218018
Tahun : 2022
Judul : Pandangan Dunia Pengarang Dalam Novel Lampuki (2011) Karya Arafat Nur: Kajian Strukturalisme Genetik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Arafat Nur, konflik GAM, pandangan dunia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.