Penulis Utama : Sekti Nova Tuko Dwi Lestari
NIM / NIP : K6417066
×

 

Keterampilan kewarganegaraan meliputi keterampilan intelektual dan keterampilan partisipasi. Keterampilan intelektual siswa yang rendah akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal taraf tinggi atau HOTS akibatnya hasil prestasi tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kemampuan awal siswa kelas X MIPA 3 SMA   N   1   Ngemplak   dalam   mengerjakan   soal   HOTS   menunjukkan   bahwa kemampuan menganalisis mendapatkan presentase 37, 25% dan kemampuan menilai sebesar  36,27%.  Maka,  peneliti  melakukan  inovasi  Chat  Forms  sebagai  inovasi media  pembelajaran  daring  untuk  menguatkan  keterampilan  intelektual  siswa. Subjek penelitian yakni siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi, keefektivitasan, dan tingkat kelayakan media pembelajaran. Metode yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ASSURE.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi media pembelajaran menggunakan model ASSURE terdiri dari beberapa tahapan yakni Analyze learner characteristic, State standard and objective, Select, methods, media, and materials, Utilize materials, Requires learner participation, Evaluate and revise yang menghasilkan inovasi media pembelajaran Chat Forms berupa link platform antara lain: materi bab 7 wawasan nusantara dalam konteks negera kesatuan republik indonesia mengenai pengertian,  kedudukan fungsi dan tujuan wawasan nusantara. Adapun link platform sebagai berikut: http://surl.li/cxree; dan materi bab 7 wawasan nusantara dalam konteks negara kesatuan republik indonesia mengenai aspek trigatra dan pancagatra dalam wawasan nusantara dan Peran serta warga negara dalam mendukung   implementasi  wawasan  nusantara.  Adapun  link  platforms  sebagai berikut: http://surl.li/cxreo. Keefektifitasan media pembelajaran Chat Forms termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dari hasil rata-rata pre test 50,28 menjadi 78,89 dalam post test dengan tingkat efektivitas relatifnya 44,30% ( cukup relatif). Tingkat kelayakan media pembelajaran Chat Forms dinilai oleh ahli media mendapatkan hasil 68% kategori layak, sedangkan ahli materi mendapatkan hasil 79% termasuk kategori layak.

×
Penulis Utama : Sekti Nova Tuko Dwi Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417066
Tahun : 2022
Judul : Inovasi Chat Forms Pada Googleform Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menguatkan Intellectual Skill Siswa (Studi Pada Mata Pelajaran PPKn di SMA N 1 Ngemplak)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Chat Forms, Keterampilan Kewarganegaraan, Pembelajaran Daring, ASSURE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum
2. Wijianto, S.Pd, M.Sc
Penguji : 1. Dr. Winarno, S.Pd, M.Si
2. Anis Suryaningsih, S.Pd, M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.