Penulis Utama : Meiva Jufarani
NIM / NIP : B0117035
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimanakah suntingan teks naskah PP yang bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi?
2) Bagaimanakah keterkaitan antara ilustrasi dengan teks pada naskah PP dan relevansinya dengan keadaan saat ini? Tujuan penelitian ini adalah, 1) Menyajikan suntingan teks naskah PP yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi. 2) Mengungkapkan keterkaitan antara ilustrasi dengan teks pada naskah PP dan relevansinya dengan keadaan saat ini.
Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research (penelitian pustaka) dan field research (penelitian lapangan). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah yang berjudul Prêdikan Pasarean
±1800-an (MN76) koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka, Pura Mangkunegaran, Surakarta. Data dalam kajian filologis adalah teks naskah PP dan data dalam kajian kodikologi adalah ilustrasi naskah PP.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 3 tahapan yaitu inventarisasi, file naskah digital dan transliterasi. Teknik analisis data dilakukan dalam 2 tahap, tahap pertama yaitu kajian filologis meliputi deskripsi naskah, kritik teks, suntingan teks dan aparat kritik menggunakan edisi standar, serta sinopsis. Tahap kedua yaitu kajian kodikologis meliputi deskripsi ilustrasi, analisis keterkaitan ilustrasi dengan teks serta relevansi dengan keadaan saat ini.
Simpulan dari penelitian ini terbagi menjadi 2. 1) Berdasarkan hasil kajian filologis didapatkan bahwa naskah PP merupakan naskah koleksi Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran dengan nomor koleksi MN 76 merupakan naskah tunggal, penggunaan kata dalam teks menggunakan ejaan lama dengan banyak kata serapan bahasa Belanda. Varian yang ditemukan sejumlah 89 meliputi lakuna huruf 29, lakuna suku kata 10, substitusi 8, hiperkorek 29, adisi 3, ditografi 1 dan ketidakkonsistenan 9. Suntingan teks disertai aparat kritik merupakan hasil teks yang sudah bersih dari kesalahan sesuai langakh kerja penelitian filologi. 2) Berdasarkan hasil kajian kodikologi didapatkan bahwa ilustrasi dalam naskah PP memiliki keterkaitan dengan teks di dalamnya. Ilustrasi terbagi menjadi 2 macam, yaitu pertama ilustrasi tentang denah pemakaman dan kedua ilustrasi yang menggambarkan iringan pemakaman. Perbandingan keadaan ilustrasi dalam teks dengan keadaan saat ini ditemukan perbedaan-perbedaan pada kondisi letak makam dan pada cara pemberangkatan jenazah yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Kata kunci : Filologi, Prêdikan Pasarean, Kodikologi, Ilustrasi.

 

×
Penulis Utama : Meiva Jufarani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0117035
Tahun : 2021
Judul : Predikan Pasarean +- 1800-an
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-B0117035
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.