Penulis Utama : Meidayana Kusuma
NIM / NIP : K1317046
×

Kemampuan komunikasi merupakan bagian esensial dan penting dari matematika yang dapat digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terkait materi yang telah diajarkan. Kemampuan komunikasi matematika terbagi menjadi dua yaitu tertulis dan lisan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Surakarta dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang terkait dengan materi program linear jika ditinjau dari kemampuan sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara berbasis tugas 1 dan 2 kemampuan komunikasi matematika pada materi program linear oleh siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Surakarta yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi waktu. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini, indikator kemampuan komunikasi matematika tertulis dan lisan terbagi menjadi 5 indikator yaitu 1) mampu mengubah dan menjelaskan informasi dari permasalahan kontekstual ke dalam bentuk model matematika; 2) mampu mengubah dan menjelaskan informasi yang tersaji pada grafik ke dalam bentuk model matematika; 3) mampu mengubah dan menjelaskan informasi dari permasalahan matematika ke dalam bentuk grafik; 4) mampu menuliskan dan menjelaskan penggunaan simbol dan notasi matematika dalam mengungkapkan ide-ide matematika dengan tepat; 5) mampu menuliskan dan menjelaskan langkah-langkah penyelesaian permasalahan matematika dan menyatakan kesimpulan di akhir jawaban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan SPtLDV tinggi mampu pada kelima indikator kemampuan komunikasi matematika baik secara tertulis dan lisan dengan tepat. Siswa dengan kemampuan SPtLDV sedang mampu pada indikator 1, 2, 3 dan 5 namun belum mampu pada indikator 4 kemampuan komunikasi matematika baik secara tertulis dan lisan. Sedangkan siswa dengan kemampuan SPtLDV rendah mampu pada indikator 3 dan 5, namun belum mampu pada indikator 1, 2 dan 4 kemampuan komunikasi matematika baik secara tertulis dan lisan.

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematika, Kemampuan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel, Program Linear.

 

×
Penulis Utama : Meidayana Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317046
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kemampuan Komunikasi Matematika pada Materi Program Linear Ditinjau dari Kemampuan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1317046
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.