Penulis Utama : Nafita Rizqiyatul Azkiya
NIM / NIP : K6416036
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1)  pendidikan politik dalam meningkatkan political literacy di PC IPNU-IPPNU  Kabupaten Brebes; 2) Tingkat political literacy PC IPNU-IPPNU Kabupaten Brebes.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari informan, lembar angket serta studi dokumen yang berkaitan dengan subyek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket dan studi dokumen. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Milles dan Hubermas yaitu tiga alur kegiatan yang akan dilakukan secara bersamaan yakni melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  pendidikan politik pada pelaksanaannya diwujudkan melalui diadakannya seminar milenial yang bertujuan memberikan pendidikan sebagai warga negara Indonesia dalam hidup berdemokrasi, memberikan pendidikan politik untuk bekal masa depan., dan memberikan pemahaman politik berkemanusiaan melalui seminar milenial “pendidikan memilih” dan sosialisasi pemilih pemula yang dilaksanakan setiap setahun sekali, serta bertujuan sebagai pendidikan politik khususnya pemilih, penanaman nilai–nilai demokrasi, memberikan pemahaman kepada pemilih akan mekanisme pemilihan kepada daerah dan bentuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai landasan-landasan normatif dan hukum positif yang mengatur mengenai pilkada, sehingga para anggota dapat memiliki kesadaran demokrasi dalam kehidupan bernegara. PC IPNU-IPPNU Kabupaten Brebes melaksanakan Pendidikan Politik yang bertujuan untuk bekal masa depan anggota dan untuk meningkatkan literasi politik anggotanya; 2) Tingkat political literacy PC IPNU-IPPNU Kabupaten Brebes menunjukkan 69% pengurus dan anggota melek akan politik sesuai dengan angket yang diisi. Keseluruhan tersebut mereka paham akan literasi politik dan mengkan ilmu atau pengetahuan literasi politik mereka dalam kehidupan, seperti mematuhi aturan politik dan memberikan hak pilihnya pada saat pemilihan umum. Hal ini menunjukkan Literasi Politik bagi pemilih pemula dalam pendidikan politik IPNU-IPPNU Kabupaten Brebes cukup baik.

Kata Kunci : Literasi Politik, Pendidikan Politik, Pemilih Pemula.

×
Penulis Utama : Nafita Rizqiyatul Azkiya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6416036
Tahun : 2021
Judul : Political Literacy bagi Pemilih Pemula Melalui Pendidikan Politik di PC IPNU-IPPNU Kabupaten Brebes
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K6416036
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rini Triastuti., SH., M.Hum.
2. Erna Yuliandari, SH., MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.