Penulis Utama : Ferinda Rizki Amalia Ramadhani
NIM / NIP : B3218023
×

Tugas Akhir ini memaparkan tentang pelayanan paket ibadah umrah yang dilakukan selama masa new normal kepada jemaah PT Hajar Aswad Mubaroq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan paket Umrah New Normal di PT Hajar Aswad Mubaroq, mengetahui strategi yang dilakukan terhadap pelayanan jemaah dalam masa new normal di PT Hajar Aswad Mubaroq, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelayanan paket ibadah umrah dalam masa new normal serta solusi yang dilakukan oleh PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta.
Pada penelitian yang dilakukan dalam mengumpulkan data yang diperoleh yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui praktek kerja lapangan. Langkah yang digunakan dalam pengambilan data tersebut yaitu dengan observasi, wawancara, studi arsip atau dokumentasi, dan studi pustaka. Selanjutnya data yang telah terkumpul, dianalisis dan menghasilkan sebuah informasi. Informasi yang diperoleh akan dideskripsikan berdasarkan fakta di lapangan dan akan disajikan dalam bentuk laporan.
Hasil dari penelitian memaparkan terkait pelayanan kepada jemaah terkait paket ibadah Umrah di masa new normal. Hajar Aswad Mubaroq dalam melakukan pelayanannya membutuhkan faktor pendukung yang berasal dari internal dan eksternal. Faktor pendukung internal berasal dari kinerja pelayanan pihak Hajar Aswad Mubaroq dan faktor pendukung eksternal berasal dari pandangan jemaah terkait kepercayaannya kepada Hajar Aswad Mubaroq. Selain itu dalam menjalankan pelayanannya, Hajar Aswad memiliki dua strategi yang mencakup strategi Hajar Aswad Mubaroq dalam menjalankan pelayanannya di masa new normal dan inovasi pelayanan yang dapat dilakukan oleh Hajar Aswad Mubaroq di masa new normal.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelayanan paket ibadah Umrah New Normal yang diberikan oleh Hajar Aswad kepada jemaah yang mendaftarkan diri, dipersiapkan dengan berbagai strategi yang sudah berpedoman pada regulasi yang berlaku dari Kementerian Agama RI maupun dari Pemerintahan Kerajaan Arab Saudi. Strategi pelayanan yang dilakukan yaitu meliputi prinsip pelayanan yang sudah dimiliki oleh Hajar Aswad Mubaroq, regulasi pelayanan selama new normal yang berpedoman pada peraturan dari Kementerian Agama, pelayanan pendaftaran umrah yang sudah disesuaikan dengan kondisi new normal, dan inovasi pelayanan yang dapat dilakukan oleh Hajar Aswad Mubaroq kepada jemaahnya di masa new normal. Strategi yang dilakukan berguna menarik minat jemaah untuk mendaftar dan menjamin keamanan jemaah selama masa pandemi COVID-19. Hal tersebut dibuktikan dengan kepercayaan dari jemaah terhadap
Hajar Aswad maupun dari kualitas pelayanan Hajar Aswad sendiri. Pada pelayanannya Hajar Aswad juga mengalami kendala. Namun, dengan penanganan yang tepat dan cermat, masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.


Kata kunci: pelayanan, paket umrah, new normal, Hajar Aswad Mubaroq

 

×
Penulis Utama : Ferinda Rizki Amalia Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218023
Tahun : 2021
Judul : Pelayanan Paket Ibadah Umrah dalam Masa New Normal di PT Hajar Aswad Mubaroq Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218023
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini W.W, M.Pd.
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.