Penulis Utama : Rinda Khoiri Nur Rahmawati
NIM / NIP : H0817086
×

Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memegang peranan cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Perubahan gaya hidup masyarakat mendorong peningkatan konsumsi kopi yang menyebabkan berkembangnya bisnis kedai kopi. Banyaknya pesaing bisnis kedai kopi membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan untuk melakukan pembelian kopi yang sesuai dengan selera yang diinginkan. Sebagai kedai yang tergolong baru Kopi Opa Roastery Delanggu harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan memperhatikan atribut-atribut yang ditawarkan supaya dapat menciptakan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen bermanfaat dalam mendorong terciptanya loyalitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap Kopi Opa Roastery Delanggu di Kabupaten Klaten dan memberikan rekomendasi strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen Kopi Opa Roastery Delanggu di Kabupaten Klaten.
Metode dasar dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode penentuan lokasi dalam penelitian ini dilakukan secara purposive yaitu Kedai Kopi Opa Roastery Delanggu dengan beberapa pertimbangan. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan kriteria konsumen mengunjungi dan membeli secara langsung produk kopi di Kopi Opa Roastery Delanggu minimal satu kali. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan pencatatan. Pengujian instrumen menggunakan software SPSS 17.0 dan analisis data (Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis) menggunakan software Microsoft Excel 2010.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap Kopi Opa Roastery Delanggu di Kabupaten Klaten berdasarkan perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) adalah sebesar 56,58% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen merasa cukup puas dengan kinerja Kopi Opa Roastery Delanggu. Strategi yang tepat untuk meningkatkan kepuasan konsumen Kopi Opa Roastery Delanggu di Kabupaten Klaten yang direkomendasikan yaitu pada strategi produk, Kopi Opa Roastery Delanggu dapat menonjolkan ciri khas rasa dan aroma dari espresso. Strategi harga yang dapat dilakukan adalah mempertahankan kesesuaian harga dengan kualitas. Strategi tempat yang dapat dilakukan adalah mempertahankan lokasi Kopi Opa Roastery Delanggu. Strategi promosi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan promosi di media sosial dengan cara selalu mengunggah foto dan video terbaru kegiatan di Kopi Opa Roatery Delanggu. Strategi orang yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kecepatan karyawan dalam merespon keluhan dan permasalahan konsumen serta lebih memberikan informasi dan penjelasan tentang menu kopi yang ditawarkan. Strategi proses yang dapat dilakukan adalah menyediakan pembayaran dengan menggunakan kartu debit. Strategi bukti fisik yang dapat dilakukan adalah memperluas tempat parkir, menambahkan hiasan pada kedai agar lebih menarik, serta meningkatkan kebersihan tempat yang mencakup kebersihan meja, lingkungan kedai, dan kebersihan alat minum. Saran dari penelitian ini adalah Kopi Opa Roastery Delanggu sebaiknya melakukan perbaikan kinerja dari atribut-atribut yang menjadi prioritas utama pada kuadran 1 diagram kartesius yaitu dengan meningkatkan promosi di media sosial, memperluas tempat parkir serta meningkatkan kecepatan karyawan dalam merespon keluhan dan permasalahan konsumen. Kopi Opa Roastery Delanggu sebaiknya juga menyediakan tempat khusus untuk merokok dan menggunakan alat pengusir nyamuk elektrik serta melakukan survei kepuasan konsumen secara berkala setiap 6 bulan sekali untuk mengetahui apa yang konsumen inginkan terhadap produk dan pelayanan kedai.

 

×
Penulis Utama : Rinda Khoiri Nur Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0817086
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Opa Roastery Delanggu di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0817086
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Rhina Uchyani Fajarningsih, MS.
2. Mei Tri Sundari, S. P, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.