Penulis Utama : Suci Intan Sari
NIM / NIP : K7117215
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kedisiplinan belajar siswa kelas V SDN Dukuhan Kerten No. 58 Surakarta pada pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan mampu memberikan informasi kepada guru mengenai masalah kedisiplinan belajar siswa selama pembelajaran daring. Selain itu, guru dapat memperoleh ide-ide baru untuk menciptakan suasana pembelajaran daring yang menyenangkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah menguraikan penjelasan berdasarkan keadaan yang diteliti. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Dukuhan Kerten No. 58 Surakarta. Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan siswa. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Teknik ini merupakan teknik pengambilan data dengan mempertimbangkan hal-hal tertentu. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi ke lokasi penelitian, wawancara dengan guru, dokumentasi kegiatan, dan angket yang diberikan ke siswa. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam uji validitas data. Hal ini dilakukan untuk mengecek dan mengetahui kredibilitas data yang diperoleh oleh peneliti. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data yang diperoleh peneliti dapat diuraikan hasil penelitian mengenai disiplin belajar siswa kelas V SDN Dukuhan Kerten No. 58 Surakarta selama pembelajaran daring diantaranya siswa kurang maksimal dalam melaksanakan kedisiplinan belajar daring. Dalam melaksanakan disiplin belajar siswa mengalami kendala diantaranya keterbatasan smartphone yang dimiliki, ketersediaan smartphone pada saat pembelajaran daring, pendampingan orang tua, perhatian orang tua terhadap siswa, dan jaringan internet yang tidak stabil. Upaya yang dilakukan antara lain, perlu adanya koordinasi orang tua dan guru dalam menannamkan kedisiplinan belajar siswa, guru memberi inovasi pembelajaran daring agar siswa termotivasi belajar, dan orang tua memberikan pendampingan belajar dan dukungan motivasi melaksanakan kedisiplinan belajar.

Kata kunci:  disiplin belajar, pembelajaran daring, dan pandemi covid-19

 

×
Penulis Utama : Suci Intan Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7117215
Tahun : 2021
Judul : Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SDN Dukuhan Kerten No. 58 Surakarta pada Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7117215
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, S.Pd, M.Pd
2. Hadiyah, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.