Penulis Utama : Elvita Puspa Aldyna
NIM / NIP : S351808009
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbuatan melawan hukum yang terjadi pada pembuatan perjanjian nominee sebagai penguasaan hak milik oleh WNA di Bali dan WNI non-pribumi di Yogyakarta dan untuk meganalisis konstruksi hukum untuk mencegah perbuatan melawan hukum dari pembuatan perjanjian nominee sebagai penguasaan hak milik oleh WNA di Bali WNI non-pribumi di Yogyakarta.
Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dengan pendekatan kasus, pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Penelitian ini menggunakan data bahan hukum sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan non hukum. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan cara studi kepustakaan. Teknik analisis penelitian menggunakan metode silogisme deduktif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan kasus perbuatan melawan hukum yang terjadi pada pembuatan perjanjian nominee sebagai penguasaan hak milik oleh WNA di Bali dan WNI non-pribumi di Yogyakarta adalah pembuatan perjanjian simulasi untuk menghindari hukum pertanahan yang ada. Konstruksi hukum untuk mencegah perbuatan melawan hukum penguasaan hak milik oleh Warga Negara Asing di Bali dan Warga Negara Indonesia non-pribumi di Yogyakarta mengacu pada teori sistem hukum  Lawrence Friedman adalah sebagai berikut: Struktur hukum: Mempererat kerjasama untuk saling menegakkkan hukum dari aparat penegak hukum dengan pengawas profesi notaris dan notaris melaporkan adanya transaksi mencurigakan pada pembelian dan penjualan properti yang diduga ada praktek nominee kepada PPATK; Subtansi hukum: perlu adanya pembaharuan pada Undang-Undang Jabatan Notaris; Budaya Hukum: perlu adanya reorientasi pemikiran notaris yang terlibat dengan kasus pembuatan perjanjian nominee, dari ownership human rights ke possession human rights sehingga bisa melaksanakan jabatan dengan sebaik mungkin serta pelaksanaan penyuluhan hukum di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, dikoordinasikan oleh Pusat Penyuluhan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional mengenai hukum pertanahan pada umumnya dan larangan perjanjian nominee pada khususnya kepada masyarakat.

Kata Kunci: Hukum Agraria, Perjanjian Nominee, Konstruksi Hukum.

 

×
Penulis Utama : Elvita Puspa Aldyna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351808009
Tahun : 2021
Judul : Telaah Perbuatan Melawan Hukum dalam Pembuatan Perjanjian Nominee (Studi Kasus Penguasaan Tanah Hak Milik oleh Warga Negara Asing di Bali dan Warga Negara Indonesia Non-Pribumi di Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S351808009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Albertus Sentot Sudarwanto, S.H., M.Hum.
2. Dr. Muhammad Rustamaji, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.