Penulis Utama : Nadia Maheswari Laksmi
NIM / NIP : B3218041
×

Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang Pengembangan Telaga Sarangan Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan di Kabupaten Magetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja daya tarik wisata yang ada di Telaga Sarangan, upaya pengembangan sebagai destinasi pariwisata unggulan, kendala dan solusi dalam pengembangan Telaga Sarangan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi secara langsung di Telaga Sarangan. Teknik wawancara dilakukan kepada Kasi Pengembangan Sumber Daya Pariwisata untuk memperoleh data, dan melakukan studi dokumen untuk mendapatkan data dari buku di perpustakaan, e-book, dan dokumen arsip dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pemerintah daerah mempunyai maksud dan tujuan dalam mengembangkan Telaga Sarangan, daya tarik wisata dari Telaga Sarangan yang berupa something to see yaitu melihat panorama alam yang indah, melihat upacara bersih desa Labuhan Sarangan, dan melihat perayaan malam tahun baru. Something to do yaitu menaiki speed boat berkeliling telaga, berkuda mengelilingi telaga, dan berfoto di spot tertentu. Something to buy yaitu dengan membeli souvenir dan kuliner khas dari Kabupaten Magetan. Terdapat upaya pengembangan Telaga Sarangan sebagai destinasi pariwisata unggulan yaitu, pengembangan area parkir, pembangunan skywalk, penataan area taman dan kios, pengembangan daya tarik wisata atau atraksi wisata baru pada kawasan hutan yang berupa flying fox, camping ground, rumah pohon, sky walk pada area hutan, menara pandang dan cottage. Pada kawasan lahan pertanian yaitu, panggung/amphitheater, taman, menara pandang, sky walk dan sentra kuliner. Selain itu, terdapat rencana pembangunan cable car dan penambahan sarana dan prasarana yang berupa ATM Center dan gedung pertemuan/convention hall. Dalam melakukan pengembangannya terdapat kendala yang berupa keterbatasan lahan, masalah sampah, bau dari kotoran kuda dan sirkulasi kawasan. Solusi yang dihadapi yaitu, pengadaan lahan, pemberdayaan sampah, memanfaatkan kotoran kuda menjadi pupuk, dan penertiban kawasan.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah Telaga Sarangan merupakan destinasi pariwisata yang dikenal dengan keindahan alam serta historis terkait terbentuknya Telaga Sarangan, Telaga Sarangan memiliki maksud dan tujuan tersendiri dalam pengembangannya sebagai destinasi pariwisata unggulan.

Kata kunci : destinasi pariwisata, pengembangan, Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan

 

×
Penulis Utama : Nadia Maheswari Laksmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218041
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Telaga Sarangan Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan di Kabupaten Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218041
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.S.T., M.M.Par
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.