Penulis Utama : Eko Wahyudi Tri S
NIM / NIP : S841902009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) kompleksitas ide,  kompleksitas aktivitas, dan kompleksitas hasil budaya dalam kumpulan cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari, (2) Kompleksitas aktivitas meliputi, ekonomi, pendidikan, pekerjaan, pernikahan, religi, politik, dan sosial. Data yang paling banyak yakni komplesitas aktivitas religi dan sosial. (3) Kompleksitas hasil budaya yaitu hasil budaya berbentuk, sistem peralatan dan teknologi, sistem mata pencaharian, dan sistem religi. Data terbanyak yaitu kompleksitas hasil budaya berbentuk sistem peralatan dan teknologi. (4) pemanfaatannya dalam pengembangan bahan ajar di perguruan tinggi.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa hasil telaah kumpulan cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah informan dosen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik dokumen dan wawancara mendalam kepada informan. Validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini meliputi (1) Kompleksitas ide berupa hakikat hidup manusia, pandangan manusia terhadap alam semesta, hubungan manusia dengan sesamanya, serta hungan manusia kepada Tuhan. Data yang paling dominan yaitu kompleksitas ide hakikat hidup manusia dalam berhubungan dengan sesama dan Tuhan. (2) Kompleksitas aktivitas meliputi, ekonomi, pendidikan, pekerjaan, pernikahan, religi, politik, dan sosial. Data yang paling banyak yakni komplesitas aktivitas religi dan sosial. (3) Kompleksitas hasil budaya yaitu hasil budaya berbentuk, sistem peralatan dan teknologi, sistem mata pencaharian, dan sistem religi. Data terbanyak yaitu kompleksitas hasil budaya berbentuk sistem peralatan dan teknologi. (4) Nilai reeligius yang terdapat dari hasil penelitian kumpulan cerita pendek ini meliputi, rasa syukur, Menghindari berhutang, pemeliharaan Tuhan, Kedamaian hidup orang-orang shaleh, dan ketulusan beribadah. Rasa syukur adalah nilai religius yang paling dominan. (5) Pemanfaatan nilai religius sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di perguruan tinggi. Kumpulan cerita tersebut pun layak digunakan mahasiswa dalam mata kuliah apresiasi prosa dan puisi.

×
Penulis Utama : Eko Wahyudi Tri S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841902009
Tahun : 2022
Judul : Kajian Antropologi Sastra dan Nilai Religius dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari Serta Pemanfaatannya Sebagai Bahan Ajar Sastra di Perguruan Tinggi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : cerpen, antropologi sastra, nilai pendidikan karakter, bahan ajar.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro M. Si
2. Dr. Nugraheni Eko W, M.Hum
Penguji : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd
2. Prof. Dr. Andayani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.