Penulis Utama : Eggi Rangga Nur Alam
NIM / NIP : K4218021
×

Eggi Rangga Nur Alam. ANALISIS GAYA BAHASA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL MITRA SEJATI KARYA TULUS SETIYADI SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gaya bahasa yang terdapat pada novel Mitra Sejati, (2) nilai pendidikan yang terdapat pada novel Mitra Sejati, (3) relevansi atas hasil temuan dari analisis gaya bahasa dan nilai pendidikan dalam novel Mitra Sejati karya Tulus Setiyadi serta pemanfaatannya dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMA sebagai bahan ajar.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan stilistika. Sumber datanya merupakan dokumen novel Mitra Sejati karya Tulus Setiyadi dan informan yaitu guru dan siswa. Teknik pengambilan subjek penelitian menggujnakan purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen dan wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data.

Temuan hasil penelitian dapat disimpulkan yaitu: (1) terdapat 46 data gaya bahasa yang terbagi dalam enam klasifikasi diantaranya majas perbandingan meliputi personifikasi dan alegori; majas pertautan meliputi metonimi; majas pengulangan meliputi repetisi dan paralelisme; majas pengontrasan meliputi hiperbola, litotes, paradoks, ironi, sarkasme; pertanyaan retoris; dan antitesis. (2) terdapat 18 data nilai pendidikan meliputi nilai religius, nilai moral, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai estetika. (3) novel Mitra Sejati relevan dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Jawa di SMA sebagai bahan ajar karena memenuhi kriteria bahan ajar yang baik, yaitu: (a) memiliki makna dan manfaat bagi siswa, (b) menarik dan merangsang minat siswa, (c) bahan pembelajaran valid untuk pembelajaran, (d) masih dalam batas keterbacaan dan intelektual siswa, (5) merupakan karya sastra utuh.

×
Penulis Utama : Eggi Rangga Nur Alam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218021
Tahun : 2022
Judul : Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Novel Mitra Sejati Karya Tulus Setiyadi serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: novel, nilai pendidikan, bahan ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Tya Resta Fitriana, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.