Penulis Utama : Rahmania Ratih Maharsi
NIM / NIP : S642008018
×

RINGKASAN

Rahmania Ratih Maharsi. S642008018. 2022. “Niat Pembelian Ulang (Repurchase Intention) pada Aplikasi Sayurbox Saat Pandemi Covid-19 dengan Theory Planned Behavior (TPB)”. Dibimbing oleh Dr. Ir. Heru Irianto, M.M. dan Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P. Program Studi Magister Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Negara Indonesia sedang berjuang mengatasi pandemi virus Covid-19 sejak Maret 2020. Adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan untuk tinggal di rumah, dimana masyarakat diminta untuk work from home, tetap tinggal di rumah, dan membatasi segala kegiatan di luar rumah. Sayurbox adalah suatu marketplace secara online dalam bentuk website dan aplikasi dengan tujuan memudahkan masyarakat untuk membeli makanan untuk dikonsumsi tanpa harus pergi ke pasar atau swalayan. Berdasarkan Theory Planned Behavior dapat diketahui bahwarepurchase intention pada aplikasi Sayurbox dapat dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol. Variabel lain yang dikaji pada penelitian ini adalah perceived value, customer satisfaction, dan Electronic Word of Mouth (eWOM).

Metode dasar penelitian ini adalah asosiatif kuantitatif. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan tertentu di daerah Jabodetabek. Responden dalam penelitian ini berjumlah 140 yang merupakan masyarakat yang berdomisili di Jabodetabek, berusia antara 20-60 tahun, dan pernah melakukan pembelian pada aplikasi Sayurbox setidaknya satu kali. Model analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS.

Hasil analisis customer satisfaction, sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh positif terhadap repurchase intentionPerceived value berpengaruh positif terhadap customer satisfaction dan repurchase intention. EWOM memoderasi hubungan norma subjektif terhadap repurchase intention pada aplikasi Sayurbox namun tidak memiliki pengaruh pada persepsi kontrol perilaku terhadap repurchase intention pada aplikasi Sayurbox saat pandemi Covid-19.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan adalah Sayurbox sebaiknya mampu memberikan inovasi fitur pada aplikasi, Sayurbox juga sebaiknya menjaga sikap konsumen terhadap produk yang dijual, serta Sayurbox sebaiknya mampu memberikan feedback dan apresiasi kepada konsumen.

×
Penulis Utama : Rahmania Ratih Maharsi
Penulis Tambahan : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M.
2. Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P.
3.
NIM / NIP : S642008018
Tahun : 2022
Judul : NIAT PEMBELIAN ULANG (REPURCHASE INTENTION) PADA APLIKASI SAYURBOX SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN THEORY PLANNED BEHAVIOR (TPB)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2022
Program Studi : S-2 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : repurchase intention; structural equation modeling; theory planned behavior; electronic word of mouth; covid-19
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M.
2. Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P.
Penguji : 1. Dr. Ir. Joko Sutrisno, M.P.
2. Dr. Erlyna Wida Riptanti, SP., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.