Penulis Utama : Seruni Aliefatin Hanifah
NIM / NIP : F3518057
×

Pengawasan atau monitoring adalah aktivitas untuk menemukan penyimpangan serta mengoreksi dan memperbaikinya untuk mencapai tujuan yang diharapkan organisasi. Dengan demikian, sistem pengawasan merupakan kumpulan unsur yang terdiri dari masukan, proses, keluaran, umpan balik, pengawasan yang saling berinteraksi dan memiliki fungsi masing-masing dalam aktivitas untuk menemukan dan mengoreksi penyimpangan untuk mencapai tujuan yang diharapkan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memfokuskan pada pengawasan makanan dan minuman kadaluwarsa yang diterapkan di Dinas Perdagangan Surakarta sudah dilaksanakan sesuai dengan yang diharapkan atau belum
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif. Penelitian deskritif merupakan suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Jenis pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini yang digunakan adalah hasil dari wawancara dengan Kepala Divisi, Kepala Bidang, dan Staff, sedangkan data sekunder yang diperoleh peneliti dalam menulis penelitian ini merupakan hasil dari rangkuman yang bersumber dari data yang ada di Dinas Perdagangan Surakarta serta artikel dan dokumen- dokumen yang telah diberi oleh bapak/ibu Dinas Perdagangan Surakarta.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Perdagangan mengawasi bentuk fisik produk dan memperhatikan tanggal expired produk yang dijual pada supermarket di Surakarta dengan melakukan monitoring sebanyak 5 sampai 7 kali dalam sebulan. Namun pihak Dinas Perdagangan hanya mampu memberi teguran tanpa memberi sanksi terhadap supermarket yang menjual barang tidak layak maupun barang kadaluarsa. Kendala anggaran yang belum bisa terpenuhi untuk melakukan penggandengan instansi lain seperti Satpol PP untuk memberikan sanksi terhadap supermarket yang melanggar.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan agar Dinas Perdagangan tetap mempertahankan kegiatan pengawasan ini karena dengan diadakannya pengawasan terhadap produk kadaluarsa di supermarket di Surakarta bisa lebih memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan memberikan pelajaran untuk supermarket agar lebih cermat dalam menjual produk.

Kata kunci : Pengawasan , makanan dan minuman kadaluarsa

 

×
Penulis Utama : Seruni Aliefatin Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3518057
Tahun : 2021
Judul : Pengawasan Terhadap Makanan dan Minuman Kadaluarsa Oleh Dinas Perdagangan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-F3518057
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Anastasia Riani Suprapti,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.