Penulis Utama : Ajeng Virdianeta Yuspitasari
NIM / NIP : K4215002
×

ABSTRAK
Ajeng Virdianeta Yuspitasari. K4215002. TINJAUAN KRITIK SASTRA FEMINIS DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL LANGIT MENDHUNG SAJRONING PANGANGEN SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA JAWA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2022.
Banyak kasus-kasus yang terjadi dan mengarah kepada perempuan yang selalu dianggap lemah, sehingga sering terjadi kekerasan baik kekerasan verbal maupun nonverbal yang seringkali dialami oleh perempuan. Hal tersebut didasari karena kurangnya pengajaran mengenai feminisme dan penerapan nilai-nilai pendidikan karakter yang seharusnya diajarkan oleh siswa sejak dini. Untuk itu, pengajaran mengenai feminisme dan nilai pendidikan karakter dapat disampaikan melalui novel yang dapat menjembatani guru dalam menyampaikan materi tersebut kepada siswa
Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa novel Langit Mendhung Sajroning Pangangen karya Tulus Setiyadi berupa kutipan narasi dan dialog tokoh di dalam novel tersebut yang memuat unsur intrinsik, feminisme, dan nilai pendidikan karakter, serta wawancara dengan narasumber yaitu guru, siswa, dan pakar feminis. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik sastra feminis. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif. Prosedur penelitian ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap akhir.
Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) terdapat bentuk ketidakadilan terhadap perempuan pada tokoh Yani dalam novel Langit Mendhung Sajroning Pangangen karya Tulus Setiyadi; (2) terdapat nilai pendidikan karakter: kerja keras, mandiri, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, cinta tanah air, jujur, dan tanggung jawab di dalam novel Langit Mendhung Sajroning Pangangen karya Tulus Setiyadi; (3) terdapat relevansi novel Langit Mendhung Sajroning Pangangen karya Tulus Setiyadi karena: dapat mengontrol perilaku pria terhadap wanita, mengedukasi siswa tentang perspektif feminis, dan memuat nilai-nilai karakter positif yang baik. Hasil dari penelitian ini setidaknya dapat memberikan pelajaran bagi siswa untuk bertindak dan berperilaku terhadap wanita tanpa memandang gender bahwa wanita itu lemah serta sebagai referensi bagi guru untuk memberikan pengajaran mengenai feminisme agar lebih berhati-hati menghadapi dunia luar.

 

×
Penulis Utama : Ajeng Virdianeta Yuspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215002
Tahun : 2022
Judul : Tinjauan Kritik Sastra Feminis dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Langit Mendhung Sajroning Pangangen Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Jawa Tingkat Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Feminisme, nilai pendidikan karakter, novel, bahan ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. 2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.,
Penguji : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
2. Rahmat, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.