Penulis Utama : Nurul Sardiyah
NIM / NIP : K1217058
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan pemanfaatan materi dalam pelaksanaan pembelajaran teks puisi dengan sistem jarak jauh di kelas 10 SMA Negeri Kabupaten Purworejo; (2) Menjelaskan pemanfaatan media dalam pelaksanaan pembelajaran teks puisi dengan sistem jarak jauh di kelas 10 SMA Negeri Kabupaten Purworejo; dan (3) Mendeskripsikan kendala dalam menyediakan materi dan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran teks puisi dengan sistem jarak jauh di kelas 10 SMA Negeri Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah   informan guru bahasa Indonesia kelas 10 di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Purworejo. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah peristiwa pembelajaran materi puisi kelas 10 SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Purworejo. Data sekunder lainnya berupa dokumen bahan ajar materi puisi kelas 10 SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 3 Purworejo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan teknik wawancara untuk sumber data informan, observasi langsung untuk sumber data peristiwa, dan analisis isi dokumen untuk sumber data berupa dokumen. Uji validias data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sumber materi ajar teks puisi kelas X SMA selama pembelajaran jarak jauh tidak sulit untuk ditemukan. Guru dan siswa mampu dengan mudah menemukan berbagai teori, contoh teks, contoh pembacaan, contoh deklamasi, dan contoh musikalisasi puisi di internet. Ketersediaan berbagai teori dan contoh puisi tidak diimbagi dengan kemudahan siswa dalam mengaksesnya karena ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan sinyal jaringan. Materi ajar yang disampaikan kepada siswa selama pembelajaran KD 3.16, 4.16, 3.17, dan 4.17 mengenai teks puisi dengan sistem jarak jauh berbentuk PPT, PDF, Microsoft Word, Microsoft Sway, video pembelajaran yang bersumber dari kanal Youtube, dan video pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru. Pemanfaatan media pembelajaran teks puisi dengan sistem jarak jauh telah menggunakan media berbasis teknologi. Media pembelajaran yang digunakan selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh adalah WhatsApp Group, Google Classroom, LMS ayosinau, dan media soaial Instagram. Hambatan dalam penyediaan materi atau bahan ajar teks puiai dengan sistem jarak jauh di kelas 10 SMA Negeri Kabupaten Purworejo tidak mengalami kendala yang memerlukan penanganan serius. Kendala yang muncul masih dapat ditangani oleh guru secara langsung, misalnya ketidaksesuaian bahan ajar yang bersumber dari internet dengan materi yang akan diajarkan. Hambatan dalam penyediaan media pembelajaran mengalami kendala yang lebih condong pada masalah teknis. Kendala tersebut adalah aplikasi yang tiba-tiba menjadi lamban dan error atau malfungsi pada saat digunakan.

Kata kunci: materi ajar, media pembelajaran, teks puisi, pembelajaran jarak jauh

 

×
Penulis Utama : Nurul Sardiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217058
Tahun : 2021
Judul : Pemanfaatan Materi dan Media dalam Pembelajaran Teks Puisi dengan Sistem Jarak Jauh (Studi Kasus di Kelas 10 SMA Negeri Kabupaten Purworejo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217058
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.