Penulis Utama : Dyah Metyawati Nur Afifah
NIM / NIP : K4216024
×

Penelitian ini berlatarbelakang dari kurangnya pengetahuan siswa mengenal cerita legenda yang ada di daerah sekitar mereka sehingga menjadi salah satu dampak mereka mulai luntur mengenal unggah-ungguh yang dapat diperoleh dadi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sebuah cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) unsur intrinsik cerita legenda Dumadine Bledug Kuwu; (2) aspek sosial budaya dalam cerita legenda Dumadine Bledug Kuwu, dan (3) relevansi cerita legenda Dumadine Bledug Kuwu sebagai materi ajar SMP kelas VIII.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama berupa teks cerita terjemahan dari buku “Cerita Rakyat Grobogan” pada subab bagian cerita legenda Terjadinya Bledug Kuwu. Teks hasil terjemahan tersebut dari bahasa Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa menjadi legenda Dumadine Bledug Kuwu. Kedua informan, sebagai sumber data tambahan mengenai Bledug Kuwu dan relevansi aspek sosial budaya terhadap materi ajar kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara informan. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Analisis data menggunakan analisis model interaktif dengan empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam cerita legenda Dumadine Bledug Kuwu meliputi: (1)  unsur intrinsik yang terdiri dari tokoh, latar/setting dan amanat; (2) aspek sosial budaya yang meliputi sistem bahasa, organisasi sosial, sistem mata pencaharian hidup, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem religi, lingkungan sosial dan ekonomi dalam cerita legenda Dumadine Bledug Kuwu; (3) aspek sosial budaya dalam cerita legenda Dumadine Bledug Kuwu dapat dijadikan materi ajar bahasa Jawa berkaitan dengan KD memahami isi teks cerita legenda yang berfokus pada indikaor mengungkapkan nilai-nilai luhur yang terdapat dalam legenda secara tertulis. Aspek sosial budaya tersebut digunakan untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada siswa melalui sebuah cerita agar pesan yang terdapat dalam cerita dimaknai dengan baik dan dapat diterapkan dalam bermasyarakat dan berbudi pekerti baik.

Kata Kunci: cerita legenda, aspek sosial budaya, sosiologi sastra, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Dyah Metyawati Nur Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4216024
Tahun : 2021
Judul : Aspek Sosial Budaya dalam Cerita Legenda Terjadinya Bledug Kuwu di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan dan Relevansinya Untuk Materi Ajar Bahasa Jawa SMP Kelas VIII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4216024
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.