Penulis Utama : Nur Khabibah
NIM / NIP : K1217057
×

Nur Khabibah. K1217057. ANALISIS STRUKTURAL DAN REALITAS SOSIAL MASYARAKAT DALAM CERPEN BERTEMA PANDEMI COVID-19 SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) struktur cerpen bertema pandemi covid-19, (2) realitas sosial masyarakat dalam cerpen bertema pandemi covid-19, dan (3) pemanfaatan struktur cerpen serta realitas sosial masyarakat dalam cerpen bertema pandemi covid-19 sebagai materi ajar sastra di sekolah menengah atas.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen kumpulan cerpen bertema pandemi covid-19 dan informan guru bahasa Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara analisis dokumen dan wawancara. Peneliti menggunakan triangulasi teori dan sumber data sebagai uji validitas data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif (interactive model of analysis).

Hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa 1) terdapat unsur intrinsik cerpen bertema pandemi covid-19 yang meliputi tema dampak pandemi covid-19 bidang (ekonomi, agama, dan pendidikan), penularan wabah covid-19, dan lockdown saat pandemi covid-19; setiap cerpen memiliki tokoh utama dan tokoh tambahan dengan karakter yang berbeda-beda; alur yang digunakan dalam cerpen bertema pandemi covid-19 yakni alur campuran; latar yang terdapat dalam cerpen bertema pandemi covid-19 yakni latar tempat, latar waktu, dan latar suasana; sudut pandang yang digunakan dalam cerpen bertema pandemi covid-19 yakni sudut pandang orang ketiga serba tahu dan sudut pandang orang pertama pelaku utama; sebagian besar amanat yang terdapat dalam cerpen bertema pandemi covid-19 yakni tentang pentingnya menjaga kesehatan dan terdapat juga amanat yang lain; 2) terdapat sepuluh jenis masalah sosial sebagai realitas sosial masyarakat yakni masalah kemiskinan, pengangguran, penurunan hasil perdagangan, kebudayaan, kejahatan, masalah kependudukan, pendidikan, pelaksanaan hukum, agama, dan kesehatan masyarakat; 3) cerpen bertema pandemi covid-19 dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar sastra kelas XI SMA dengan menggunakan metode berdiskusi (kooperatif), demonstrasi, dan lain-lain.

 

Kata kunci: cerpen, unsur intrinsik, realitas sosial, materi ajar sastra

×
Penulis Utama : Nur Khabibah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217057
Tahun : 2022
Judul : Analisis Struktural dan Realitas Sosial Masyarakat dalam Cerpen Bertema Pandemi Covid-19 serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Sastra di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : cerpen, unsur intrinsik, realitas sosial, materi ajar sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.