Penulis Utama : Ika Rizky Amalia
NIM / NIP : K4217037
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan unsur struktural novel yang terkandung dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra; (2) gaya kepemimpinan tokoh utama dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra dengan analisis sosiologi sastra; (3) nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra; dan (4) relevansi cerita novel dengan materi ajar bahasa Jawa di SMA.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat dua jenis yaitu dokumen dan informan. Sumber data jenis dokumen terdiri dari novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra, jurnal, dan buku referensi. Adapun sumber data jenis informan meliputi siswa, guru bahasa Jawa kelas XI, dan ahli sastra bahasa Jawa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan analisis dokumen dan teknik wawancara. Model analisis data menggunakan Miles dan Huberman interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Berdasarkn analisis data yang dilakukan, novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra peneliti mendapatkan empat analisis, yaitu: unsur intrinsik pada novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra yang terdiri atas alur, latar, penikohanan, amanat, dan tema secara keseluruhan tersusun secara runtut, analisis gaya kepemimpinan tokoh utama dalam novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra dengan teori astha brata berfokus pada delapan ajaran astha brata yaitu laku hambeging candra, laku hambeging dahana, laku hambeging kartika, laku hambeging kisma, laku hambeging samirana, laku hambeging samodra, laku hambeging surya, laku hambeging tirta, nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam cerita novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra relevan dengan tujuan pembentukan karakter siswa, novel Rangsang Tuban karya Padmasusastra relevan dengan pembelajaran bahasa Jawa di SMA.


Kata Kunci: unsur struktural, gaya kepemimpinan, nilai pendidikan budi pekerti, pembelajaran bahasa Jawa.

 

×
Penulis Utama : Ika Rizky Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217037
Tahun : 2021
Judul : Analisis Gaya Kepemimpinan dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti Tokoh Utama Dalam Novel Rangsang Tuban Karya Padmasusastra Serta Relevansinya Terhadap Materi Ajar Bahasa Jawa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217037
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.