Penulis Utama : Sesar Novia Fatimah
NIM / NIP : K3117066
×


Sesar Novia Fatimah K3117066. HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN PERSEPSI TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 BOYOLALI. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2022.
Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali; (2) tingkat persepsi terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali; (3) hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan persepsi terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik proportional cluster random sampling diperoleh 139 siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi kecerdasan interpersonal dan skala psikologi bullying yang disusun sendiri oleh peneliti. Uji Validitas menggunakan validitas konstruk dan empiris sedangkan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS 25.0. Teknik analisis data menggunakan statistik inferensial dengan prosedur pengolahan data yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur. 
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecerdasan interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali masuk kedalam kategori sedang dengan nilai rata rata 101,5. Tingkat persepsi terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII SMPN 4 Boyolali masuk kedalam kategori tidak mendukung dengan nilai rata rata 52. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan nilai sig. sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,425. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dengan persepsi terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Boyolali. Saran untuk guru BK dapat memberikan layanan dengan tujuan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa dan memberikan pemahaman kepada siswa terkait persepsi terhadap bullying sebagai tindakan pencegahan praktik bullying di lingkungan sekolah. Saran untuk peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lanjutan dengan metode studi fenomenologi atau studi kasus terkait fenomena-fenomena yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal dan persepsi siswa terhadap perilaku bullying maupun menciptakan produk media pemberian layanan yang bertujuan untuk membantu guru BK.

Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Persepsi terhadap perilaku Bullying, Peserta Didik Kelas VIII

×
Penulis Utama : Sesar Novia Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117066
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Persepsi terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kecerdasan Interpersonal, Persepsi terhadap perilaku Bullying, Peserta Didik Kelas VIII
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd.
2. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Adi Dewantoro, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.