Penulis Utama : Lu'lu' Azzahra
NIM / NIP : K3117046
×

Lu’lu’ Azzahra. STUDI KEPUSTAKAAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENGATASI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Juli 2022.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasikan sasaran dalam penerapan self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik; (2) mengidentifikasikan prosedur pelaksanaan dalam penerapan self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik; serta (3) mendeskripsikan keberhasilan dalam penerapan self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik.
Metode penelitian yang dipakai ialah studi kepustakaan atau Systematic Literature Review (SLR). Pustaka yang digunakan sebagai sumber data utama penelitian yaitu masing-masing 10 jurnal nasional dan 11 jurnal internasional, yang mempunyai ulasan yang relevan mengenai self management dan prokrastinasi akademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi atau analisis dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi, dengan cara menarik kesimpulan yang sesuai dengan data yang ada pada hasil penelitian sebelumnya. Data-data terkait yang telah dikumpulkan dan dianalisis akan ditinjau ulang oleh pembimbing, guna diperiksa keabsahannya melalui pengecekan antar pustaka.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain: (1) Sasaran dalam penerapan self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik adalah peserta didik yang menempuh pendidikan formal pada jenjang SMP, SMA, dan SMK yang teridentifikasi memiliki permasalahan perilaku prokrastinasi akademik; (2) Prosedur pelaksanaan dalam penerapan self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik secara umum meliputi self monitoring, reinforcement yang positif, self contracting, self control, serta follow up. Namun dalam pelaksanaannya di lapangan, self management tetap dapat diterapkan dan dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing konseli, agar mampu men-dapatkan hasil yang optimal dan sesuai yang diharapkan; serta (3) Keberhasilan dari penerapan self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik berupa penurunan tingkat prokrastinasi akademik secara signifikan. Berdasarkan dari 21 jurnal yang telah dianalisis oleh peneliti, menunjukkan ketercapaian keefektifan self management terhadap prokrastinasi akademik mencapai 100%.
Penelitian ini dapat menjadi landasan teori dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling melalui teknik self management guna mengatasi perilaku prokrastinasi akademik yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini juga dapat di-gunakan sebagai pijakan dalam melakukan penelitian selanjutnya, seperti dalam bentuk penelitian eksperimen ataupun Research and Development (RnD).
Kata Kunci: Self Management, Prokrastinasi Akademik

×
Penulis Utama : Lu'lu' Azzahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117046
Tahun : 2022
Judul : Studi Kepustakaan Self Management untuk Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Self Management; Prokrastinasi Akademik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Tri Susilo, M.Pd
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.