Penulis Utama : Russell Pande Lemuel
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117119
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Layanan Intalasi Pengolahan Air Limbah ( IPAL ) Pucangsawit di Jebres, Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117119
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pengolahan limbah rumah tangga di Kota Surakarta mengandalkan kinerja dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal yang ada seperti IPAL Pucangsawit, IPAL Semanggi, IPAL Mojosongo dan IPAL UNS. IPAL perlu dikelola dengan baik agar dapat beroperasi secara optimum sehingga air limbah yang diolah dapat sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan. IPAL Pucangsawit bisa dibilang tergolong IPAL baru di Surakarta dan penelitian ini ditujukan untuk rencana pengembangan IPAL Pucangsawit di 20 tahun mendatang.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis secara deskriptif kualitatif dilakukan dengan melakukan observasi kondisi eksisting IPAL Komunal di lokasi penelitian. Analisis secara deskriptif kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan pengujian sampel pada titik inlet, aerasi, dan outlet IPAL.
Dari analisis yang dilakukan, nilai efisiensi pengolahan pada IPAL Pucangsawit berdasarkan standar baku mutu dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P 68 tahun 2016 termasuk tinggi dengan angka 94,94% untuk BOD, 83,75% untuk COD, 97,88% untuk TSS, dan 72,73% untuk minyak dan lemak. Alternatif pengembangan pada IPAL yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan di 20 tahun mendatang adalah dengan menambah volume di bak pengendap awal, bak biofilter aerob, dan juga bak pengendap akhir.

Kata kunci : anaerobic baffled reactor, effluent, inlet, Instalasi Pengolahan Air Limbah Pucangsawit, , outlet

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
Halaman Judul.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Utomo, M.T.
2. Ir. Siti Qomariyah, M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik