Penulis Utama : Dwi Maftuhah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4317021
Tahun : 2021
Judul : Review Artikel: Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah dan Proyek Serta Relevansinya Dengan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4317021
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode literature review yang bertujuan untuk menganalisis artikel-artikel yang membahas tentang dampak penerapan model pembelajaran biologi berbasis masalah dan proyek terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Artikel yang dianalisis merupakan terbitan 2001-2021, yaitu berjumlah 27 artikel nasional terindeks SINTA dan artikel internasional terindeks Scopus. Dari 27 artikel yang diperoleh, yang terindeks SINTA berjumlah 15 artikel sedangkan yang terindeks Scopus berjumlah 12 artikel. Subyek penelitian pada artikel yang direview merupakan siswa SMP, SMA, dan mahasiswa di Indonesia.
Artikel hasil pencarian yang membahas tentang model PBL berjumlah 19 artikel dan model PjBL berjumlah delapan artikel artikel. Hasil penelitian dari artikel yang diperoleh menjelaskan bahwa model PBL dan PjBL berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis maupun kreatif serta dapat mengembangkan dan meningkatkan kedua keterampilan tersebut. Pada kegiatan pembelajaran model PBL, siswa terbiasa untuk terlibat langsung dalam pemecahan masalah serta mengasosiasikan pengetahuan yang dimiliki dengan konsep. Siswa dibimbing untuk berpikir ilmiah, menggali penyebab permasalahan, menganalisis, dan menyimpulkan hasil penemuan. Sementara itu, pada kegiatan pembelajaran model PjBL, siswa terdorong untuk melakukan kegiatan investigasi dan eksplorasi serta menggunakan kreativitasnya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi sehingga keterampilan berpikir kritisnya terstimulasi. Oleh karena itu, model PBL dan PjBL efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Namun, pada studi yang dianalisis sering kali memiliki konsep PBL dan PjBL yang berbeda-beda dan terkadang tidak memperhatikan konsep yang dikembangkan oleh para ahli. Pada delapan artikel yang dianalisis, terdapat tiga artikel yang tidak menyebutkan produk hasil kerja proyek sehingga dapat menimbulkan pertanyaan apakah peneliti pada artikel tersebut sudah menerapkan PjBL dengan semestinya atau belum, yaitu menghasilkan produk. Rata-rata instrumen keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang digunakan juga menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh peneliti sendiri dan bukan instrumen terstandar sehingga dapat menimbulkan hasil yang berbeda jika diterapkan pada subyek penelitian yang lain.

Kata kunci: literature review, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, PBL, PjBL, biologi

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si.
2. Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP