Penulis Utama : Laela Rahmadapasha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1318044
Tahun : 2022
Judul : ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ 2 SMK BATIK 1 SURAKARTA DALAM MENGERJAKAN SOAL KONTEKSTUAL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Laela Rahmadapasha. K1318044. ANALISIS KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI TKJ 2 SMK BATIK 1 SURAKARTA DALAM MENGERJAKAN SOAL KONTEKSTUAL. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kecemasan matematika; dan (2) Mendeskripsikan faktor penyebab kecemasan matematika siswa kelas XI TKJ 2 SMK Batik 1 Surakarta dalam mengerjakan soal kontekstual.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini berasal dari informan, diantaranya yaitu siswa dan guru matematika kelas XI TKJ 2 SMK Batik 1 Surakarta. Pengambilan subjek penelitian pada penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dengan subjek penelitian berjumlah 9 siswa. Teknik pengambilan data dilakukan menggunakan teknik angket (kuisioner), tes, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Analisis data penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini yaitu sebagai berikut. Pertama, kecemasan matematika siswa dalam mengerjakan soal kontekstual memiliki tingkatan yang beragam, diantaranya yaitu tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Pada kategori kecemasan matematika tinggi, terdapat siswa dengan hasil tes rendah dan sedang. Pada kategori kecemasan sedang, semua siswa memiliki hasil tes sedang. Pada kategori kecemasan rendah, terdapat siswa dengan hasil tes tinggi dan sedang. Hal yang membedakan antara siswa dengan hasil tes rendah dan sedang pada kategori kecemasan matematika tinggi terletak pada ketertarikan siswa terhadap soal kontekstual. Kemudian, hal yang membedakan antara siswa dengan hasil tes tinggi dan sedang pada kategori kecemasan matematika rendah terletak pada kemampuan siswa dalam memahami penjelasan guru ketika di kelas. Selanjutnya, hal yang membedakan antara siswa pada masing-masing kategori kecemasan matematika terletak pada keaktifan siswa selama pembelajaran. Kedua, kecemasan matematika siswa dalam mengerjakan soal kontekstual disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal penyebab kecemasan matematika siswa meliputi kemampuan siswa dalam mengerjakan soal kontekstual yang rendah, sikap negatif terhadap matematika, dan manfaat belajar matematika belum tertanam dalam pikiran siswa. Selanjutnya, faktor eksternal penyebab kecemasan matematika siswa meliputi tipe soal kontekstual yang sulit, sikap guru ketika mengajar, metode mengajar guru kurang bervariasi, dan lingkungan kelas yang kurang kondusif.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si.
2. Ario Wiraya, S.Si., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP