Penulis Utama : Linda Yubaidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3118047
Tahun : 2022
Judul : Systematic Literature Review: Burnout dan Psychological Well-Being pada Professional Helper
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Linda Yubaidah. K3118047. SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: BURNOUT DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PROFESIONAL HELPER. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) urgensi, (2) faktor-faktor, (3) gambaran, dan (4) keterkaitan burnout dan psychological well-being pada professional helper. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode systematic literature review. Sumber data penelitian ini menggunakan jenis data sekunder berupa literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi. Langkah-langkah systematical literature review yang dilakukan adalah scoping, planning, searching, screening, eligibility, dan study quality. 

Hasil penelitian ini adalah: pertama, psychological well-being urgen sebagai intervensi mengatasi burnout pada professional helper yang telah terbukti sangat rentan terhadap efek burnout kerja di bidang spesialisasi mereka. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi burnout dan psychological well-being  pada professional helper di antaranya adalah lingkungan kerja, demografi, kepribadian dan efikasi. Ketiga, professional helper digambarkan mengalami tingkat burnout dan psychological well-being yang beragam. Keempat, burnout dan psychological well-being memiliki keterkaitan yang negatif dimana semakin tinggi burnout maka psychological well-being akan semakin rendah dan begitu pula sebaliknya. 

Berdasarkan penelitian ini beberapa saran dapat diberikan: (1) asosiasi profesional helper khususnya ABKIN sebagai wadah yang menaungi profesi guru BK dapat mengenalkan urgensi dan mempertimbangkan strategi meningkatkan psychological well-being untuk mengatasi burnout, (2) professional helper perlu waspada terhadap tanda-tanda burnout dan meningkatkan psychological well being untuk mengatasi burnout yang dialami, dan (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan penggalian data yang lebih komprehensif dengan lebih banyak database dan jenis literatur. Selain itu peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan metode penelitian lain seperti research and development, eksperimen, dan korelasi untuk memperkaya khasanah keilmuan serta implementasi tentang topik penelitian ini.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar pustaka.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
2. Adi Dewantoro, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP