Penulis Utama : Ria Ageng Pangastika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8416061
Tahun : 2021
Judul : Konstruksi “Kecantikan Perempuan” pada Sekolah Berbasis Agama (Studi Fenomenologi Siswa Pelanggar Tata Tertib demi terlihat “Cantik” di SMA Batik 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K8416061
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemahaman tentang konsep kecantikan perempuan didorong oleh mitos kecantikan. Mitos kecantikan menurut pandangan perempuan di idealkan berkulit putih bersih, dan wajah mulus tanpa jerawat. Sehingga perempuan terobsesi dengan kecantikan yang mengharuskan perempuan tampil cantik. Tetapi di sekolah berbasis agama Islam memiliki aturan sesuai dengan nilai-nilai agama. Islam melarang umatnya bertabarruj dengan menunjukkan kecantikannya, karena mengundang hasrat laki-laki. Namun kenyataannya masih banyak siswi menggunakan dan membawa make up di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi kecantikan perempuan pada siswi pelanggar tata tertib demi terlihat cantik di SMA Batik 1 Surakarta.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan perspektif teoritis Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Hasil temuan menunjukkan terlihat cantik merupakan keharusan bagi siswi pelanggar tata tertib sekolah. Mitos kecantikan dilestarikan dalam waktu dan diteruskan pada generasi- generasi berikutnya. Menampilkan sosok ideal perempuan “cantik” mempengaruhi persepsi dan pemaknaan siswi tentang kecantikan perempuan. Dengan kecantikan akan memunculkan nilai tersendiri bagi yang melihatnya, sebab orang-orang melihat dari wajah atau fisik. Tetapi kecantikan dari dalam dirasa perlu oleh siswi yang dapat meningkatkan kualitas kecantikan pada setiap diri perempuan.

Kata Kunci : konstruksi sosial; kecantikan perempuan; remaja dan siswi SMA

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Okta Hadi Nurcahyono, S.Pd., M.Si., M.A.
2. Abdul Rahman, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP