Penulis Utama : Ambar Aliwardani
NIM / NIP : S201708001
×

Latar belakang
Penyembuhan luka kronis menjadi beban dibidang medis baik secara biaya maupun waktu perawatan. Pada luka kronis terjadi inflamasi memanjang, kegagalan reepitelisasi, angiogenesis dan penuaan fibroblas. Exosomes Human Umbilical Vein Endothelial Cells (HUVEC-Exos) mengandung growth factor (GF), sitokin antiinflamasi dan mikro Ribonucleic Acid (miRNA) memiliki efek regeneratif dapat mempercepat proliferasi dan migrasi pada keratinosit dan fibroblas.
Tujuan
Membuktikan pemberian exosomes Human Umbilical Vein Endothelial Cells dapat memberikan efek peningkatan deposisi kolagen dan percepatan penyembuhan luka kronis pada tikus galur Wistar.
Metode
Penelitian eksperimental laboratoris rancangan post test control group design membandingkan deposisi kolagen dan percepatan penyembuhan luka pada kulit tikus galur Wistar yang dilukai menjadi luka kronis dengan Mitomicin C dan diberi penambahan HUVEC-Exos 1% dibandingkan kontrol. Sampel sebanyak 30 ekor tikus terbagi tiga kelompok perlakuan. Kelompok A adalah kontrol diberikan topikal propylene glycol, kelompok B diberikan injeksi subkutan HUVEC-Exos 1% dan topikal propylene glycol dan kelompok C diberikan injeksi subkutan Phosphate Buffer Saline (PBS) dan topikal propylene glycol. Pengukuran luka pada hari ke-0,7,14 dan 21 didokumentasikan dengan kamera digital dan diolah dengan sofware Image J. Pemeriksaan histopatologi dengan pewarnaan Trichrome Masson bertujuan untuk melihat deposisi kolagen pada hari ke-0,7 dan 14. Analisis statistik dianggap bermakna jika p<0>Hasil penelitian
Uji Oneway Analysis of Variance (ANOVA) menunjukkan hasil signifikan pada deposisi kolagen hari ke-7 (p=0,001) dan hari ke-14 (p=0,005). Uji Post Hoc signifikan hari ke-7 dan hari-14 menunjukkan bahwa HUVEC-Exos 1% yang paling memberikan efek peningkatan deposisi kolagen. Pada ukuran luas luka uji ANOVA menunjukkan signifikan hari ke-14 (p=0,015) dan hari ke-21 (p=0,014). Uji Post Hoc  signifikan pada hari ke-21 menunjukkan bahwa HUVEC-Exos 1% yang paling memberikan efek percepatan penyembuhan luka.
Kesimpulan
Exosomes Human Umbilical Vein Endothelial Cells memberikan efek peningkatan deposisi kolagen dan percepatan penyembuhan luka kronis pada tikus galur Wistar sehingga dapat dipertimbangkan menjadi pilihan terapi penyembuhan luka kronis.

Kata Kunci: exosomes, human umbilical vein endothelial cells, luka kronis, mitomicin C, sekretom

 

×
Penulis Utama : Ambar Aliwardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S201708001
Tahun : 2021
Judul : Efek Exosomes Sekretom Human Umbilical Vein Endothelial Cells Terhadap Deposisi Kolagen dan Penyembuhan Luka Kronis pada Tikus Galur Wistar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : PPDS Penyakit Kulit dan Kelamin
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S201708001
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Endra Yustin Ellistasari M.Sc, Sp.KK (K)
2. Dr. dr. Muhammad Eko Irawanto, Sp.KK (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.