Penulis Utama : Umi Farichah
NIM / NIP : S441902003
×

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) bentuk tindak tutur (speech act) berbahasa Jawa Ganjar Pranowo dalam unggahan Instagram pada masa pandemi Covid-19; 2) bentuk kesantunan berbahasa Jawa pada percakapan Ganjar Pranowo dalam unggahan Instagram pada masa pandemi Covid-19; 3) pemanfaatan hasil penelitian sebagai materi pembelajaran unggah- ungguh pada percakapan berbahasa Jawa yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo dalam unggahan Instagram pada masa pandemi Covid-19.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Strategi dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data pada penelitian ini adalah 27 video imbauan covid-19 berbahasa Jawa. Teknik dalam penelitian ini yaitu teknik simak melalui metode pengamatan, kemudian teknik catat dan dokumentasi. Lebih detailnya penelitian ini dilakukan melalui dua prosedur, yaitu prosedur pertama dilakukan dengan langkah-langkah:
(1) reduksi data, yaitu identifikasi pergeseran bahasa Jawa, (2) sajian data, (3) pengambilan simpulan (verifikasi). Prosedur kedua dilakukan dengan langkah- langkah: (1) transkripsi data rekaman dari video, (2) pengelompokan data, (3) penafsiran, dan (4) penyimpulan atau perampatan.
Hasil penelitian sebagai berikut: 1) bentuk tindak tutur pada percakapan berbahasa Jawa Ganjar Pranowo yang diunggah pada media sosial Instagram di masa pandemi Covid-19 yaitu meliputi tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.
2) bentuk kesantunan berbahasa Jawa pada percakapan Ganjar Pranowo dalam unggahan Instagram pada masa pandemi Covid-19 meliputi maksim pujian, maksim kecocokan, maksim kesimpatian, maksim kerendahan hati, maksim kedermawanan, dan maksim kebijaksanaan. 3) tuturan Ganjar Pranowo dapat dikatakan memiliki manfaat sebagai materi pembelajaran unggah-ungguh bahasa Jawa di SMP. Hal tersebut, dapat dilihat pada analisis yang memperlihatkan siswa memahami dengan baik tuturan Ganjar Pranowo. Siswa dapat membedakan antara ragam bahasa krama dan ragam bahasa ngoko.

Kata kunci: tindak tutur, kesantunan berbahasa, pemanfaatan terhadap pembelajaran, Covid-19.

 

×
Penulis Utama : Umi Farichah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441902003
Tahun : 2021
Judul : Tindak Tutur dan Kesantunan Berbahasa Jawa pada Percakapan Ganjar Pranowo dalam Unggahan Instagram Serta Pemanfaatannya Sebagai Materi Pembelajaran Unggah-Ungguh di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S441902003
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Dr. Rr. Elisabeth Nugraheni Eko Wardani, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.