Penulis Utama : Harisyah Khoirin Aminah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7118109
Tahun : 2022
Judul : Analisis Implementasi Program Sekolah Sehat dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di SDN Cokrowati
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program sekolah sehat, menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi program sekolah sehat, serta menganalisis hasil implementasi program sekolah sehat dalam membangun karakter peduli lingkungan di SDN Cokrowati.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru olahraga, pengurus UKS dan siswa dokter kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validasi menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif secara interaktif berkelanjutan dengan tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.   

Hasil penelitian implementasi program sekolah sehat berpedoman pada Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan. Implementasi sebuah program juga menggunakan variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Faktor pendukung: sarana prasarana lengkap tambahan yang menjadi pandangan utaman yaitu adanya kolam ikan dan gazebo buatan warga sekolah sendiri, dukungan baik, bantuan dana, dan bantuan lahan reboisasi. Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SDN Cokrowati dilaksanakan melalui kebijakan sekolah berwawasan lingkungan meliputi adanya visi, misi dan tujuan berkaitan dengan lingkungan. Hasil implementasi program sekolah sehat dalam membangun karakter peduli lingkungan berhasil, sesuai kebijakan sekolah berwawasan lingkungan dengan mengaplikasikan budaya sekolah, yaitu: kebiasaan rutin, tindakan spontan, keteladanan, dan pengondisian. Pembinaan lingkungan dalam membangun karakter peduli lingkungan menggunakanteori behavioristik yang mana belajar mengalami perubahan perilaku, yaitu perilaku hidup bersih dan sehat.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd.
2. Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP