Penulis Utama : Putri Gusanti Berliantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1318065
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan E-Modul Interaktif dengan Aplikasi Flip PDF Professional pada Materi Pokok Ukuran Pemusatan Data untuk Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Putri Gusanti Berliantika. K1318065. PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI POKOK UKURAN PEMUSATAN DATA UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan produk e-modul interaktif; (2) mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul interaktif dengan aplikasi Flip PDF Professional pada materi pokok ukuran pemusatan data.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket kepraktisan oleh guru dan siswa, serta tes hasil belajar siswa. Kevalidan e-modul interaktif ditentukan berdasarkan hasil penilaian lembar validasi ahli materi dan media. Kepraktisan e-modul interaktif ditentukan berdasarkan hasil penilaian angket kepraktisan oleh guru matematika kelas XI Multimedia dan siswa PKL kelas XI Multimedia 4. Keefektifan e-modul interaktif ditentukan berdasarkan hasil tes belajar siswa PKL, baik dari kelas eksperimen maupun kelas kontrol. 

Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pengembangan dengan model Four-D (4D) terdiri dari empat tahapan, antara lain tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada tahap define diperoleh kesimpulan bahwa diperlukan e-modul yang interaktif untuk memfasilitasi siswa PKL dalam belajar mandiri. Tahap design bertujuan untuk merancang e-modul baru sebagai perbaikan e-modul yang disusun guru sebelumnya. Pada tahap develop, e-modul interaktif diujikan kepada ahli materi dan media untuk mengetahui kevalidan e-modul interaktif. Kemudian, dilakukan uji pengembangan untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan e-modul interaktif. Tahap disseminate dilakukan dengan menyebarluaskan e-modul interaktif ke dalam bentuk jurnal; (2) e-modul interaktif dinyatakan valid karena semua aspek penilaian baik dari segi ahli materi maupun media termasuk ke dalam kriteria penilaian minimal baik. E-modul interaktif dinyatakan praktis karena semua aspek penilaian baik dari guru maupun siswa PKL termasuk ke dalam kriteria penilaian minimal baik. E-modul interaktif dinyatakan efektif karena rerata hasil belajar matematika siswa PKL yang menggunakan e-modul interaktif lebih baik daripada rerata hasil belajar matematika siswa PKL yang tidak menggunakan e-modul interaktif.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II.pdf
BAB I.pdf
HALAMAN COVER.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Ario Wiraya, S.Si., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP