Penulis Utama : Anisa Larasati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1120006
Tahun : 2022
Judul : Analisis Dampak Volatilitas Makroekonomi Terhadap Tingkat Ekspor Di Indonesia Periode 2014-2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara volatilitas makroekonomi terhadap tingkat ekspor di Indonesia pada periode 2014Q1 sampai 2020Q4. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekspor, volatilitas nilai tukar, volatilitas Indeks Harga Konsumen (IHK) memproyeksikan inflasi dan volaitlitas indeks produksi memproyeksikan PDB. Metode yang digunakan untuk menganalisi penelitian ini adalah metode VECM.
Hasil peneltian menunjukkan variabel volatilitas makroekonomi memiliki hubungan jangka panjang dengan variabel ekpsor. Pada jangka pendek variabel volaitlitas IHK tidak memiliki pengaruh jangka pendek terhadap tingkat ekspor di Indonesia. Volatilitas nilai tukar dan volatilitas GDP memiliki pengaruh jangka pendek terhadap ekspor di Indonesia dengan siginifikansi negatif.
Hasil Impulse Respons Function (IRF) menunjukkan volatilitas makroekonomi bergerak fluktuatif dengan kecenderungan positif terhadap variabel ekspor. Variabel volatilitas indeks produksi memiliki pengaruh paling besar dari variabel volatilitas IHK dan volatilitas nilai tukar. Oleh sebab itu pemerintah bersama dengan otoritas moneter harus berupaya untuk mengurangi guncangan makroekonomi agar nilai ekspor dapat terus meningkat dan mengurangi volatilitas.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File halaman Cover.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis