Penulis Utama : Aji Muhammad Yusuf
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0117006
Tahun : 2021
Judul : Implementasi E-Government Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Berbasis Website di Dinas Pendidikan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0117006
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1) implementasi e-government dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Dinas Pendidikan Kota Surakarta dan 2) faktor-faktor apa saja yang mendukung implementasi e-government dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Dinas Pendidikan Kota Surakarta menggunakan model Implementasi Mazmanian and Sabatier (1983).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Dinas Pendidikan, Sekolah Menengah Pertama Negeri dan masyarakat di Kota Surakarta. Teknik dalam menentukan sumber data adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi Sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian dan verifikasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kebijkan PPDB online terdiri dari tiga tahapan. Tahap pertama adalah merancang bangun (design) program dilakukan dengan penyusunan Petunjuk Teknis PPDB online disertai pembentukan kepanitiaan serta tugas, kedua Melaksanakan (aplication) program kegiatan yang di dilakukan yakni pertama Sosialisasi, pelatihan dan pelaksanaan melalui empat jalur yaitu: a) zonasi; b.) afirmasi; c.) perpindahan tugas orang tua/wali; dan d.) prestasi., dan terakhir Membangun sistem penjadwalan / Evaluasi pelaksanaan yang dilakukan setiap hari selama pelaksanaan program. Evaluasi dilakukan oleh semua panitia pelaksana. 2) faktor – faktor yang menjadi pendorong implementasi kebijakan PPDB online di Dinas Pendidikan Kota Surakarta yaitu : Tersedianya teknologi, Keragaman Perilaku, Jumlah peserta didik terhadap Daya Tampung Sekolah, Perubahan Perilaku Yang Dikehendaki, Kejelasan dan Konsistensi Tujuan, Penggunaan Teori Kausal , Ketepatan Alokasi Dana, Aturan Pelaksanaan dari Lembaga Pelaksana, Keterbukaan kepada Pihak Luar, Kondisi Sosial Ekonomi dan Teknologi , Dukungan Publik , Sikap dari Kelompok Pemilih, dan Komitmen Keahlian Pelaksana.

Kata kunci : Implementasi, PPDB online, Dinas Pendidikan Kota Surakarta

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP