Penulis Utama : Sekar Nur Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3518044
Tahun : 2021
Judul : Produksi Hand Sanitizer Berbahan Dasar Kemangi (Ocimum sanctum) dan Mawar (Rosa sp.) Sebagai Pembersih Tangan yang Mampu Melembabkan Kulit
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-H3518044
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pandemi saat ini menjadi hal yang sangat dikhawatirkan oleh seluruh masyarakat dunia. Saat ini, penyakit endemik yang sedang meluas di seluruh dunia adalah virus Covid-19. Penggunaan antiseptik sendiri menjadi salah satu alternatif pembersih tangan saat bepergian. Antiseptik yang biasa digunakan kebanyakan orang adalah hand sanitizer. Pembuatan hand sanitizer yang telah dilakukan menggunakan bahan kemangi (Ocimum sanctum), Mawar (Rosa sp.), dan Zaitun (Olea europea). Manfaat yang didapat dari penggunaan hand sanitizer “Tulsi Clean” adalah membebaskan tangan dari kuman dan bakteri serta mampu melembabkan kulit.
Hasil analisis usaha produk hand sanitizer “Tulsi Clean” didapat penerimaan sebesar Rp 325.000,00 dengan biaya produksi Rp 283.000,00. Harga untuk 1 botol hand sanitizer “Tulsi Clean” berukuran 60 ml adalah Rp 13.000,00. Analisis kelayakan usaha produk hand sanitizer “Tulsi Clean” menggunakan rumus R/C Ratio adalah sebesar 1,14. Besaran hasil R/C Ratio yang terhitung sudah melebihi 1, maka dapat dikatakan usaha hand sanitizer “Tulsi Clean” menguntungkan untuk diusahakan.

Kata Kunci : Hand sanitizer, Analisis kelayakan usaha.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suminah, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi