Penulis Utama : Falih Fakhri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0117048
Tahun : 2021
Judul : Kajian Uji Kuat Lekat pada Beton dengan Kadar Fly Ash 15%, 30%, dan 40?ri Berat Binder
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0117048
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Sejalan dengan perkembangan zaman, dunia konstruksi juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pemerintah pusat semakin gencar untuk melakukan pembangunan baik itu jalan, bandara, gedung, pelabuhan, dan sarana umum lainnya. Dengan semakin gencarnya pembangunan infrastruktur tersebut menyebabkan permintaan semen sebagai bahan baku beton semakin tinggi. Produksi semen yang sangat tinggi terjadi mengikuti permintaan semen yang semakin tinggi. Dengan terjadinya hal tersebut menimbulkan efek samping, yaitu membawa dampak buruk terhadap kondisi lingkungan global. Untuk mengurangi emisi gas karbon dioksida (CO2) telah banyak dilakukan penelitian mengenai material pengganti semen seperti fly ash yang dicampurkan pada adonan beton. Tetapi masih sedikit penelitian yang mengkaji tentang besarnya kuat lekat pada beton dengan material pengganti semen fly ash.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan 3 variasi kadar fly ash pada beton fly ash atau Fly Ash Concrete (FAC) yaitu dengan kadar 15%, 30%, dan 40%, lalu dibandingkan dengan beton normal. Benda uji berbentuk silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Jumlah dari Benda uji yaitu 3 untuk setiap variasi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat Universal Testing Machine (UTM). Hasil yang didapat dari pengujian ini berupa grafik hubungan load-displacement beton FAC.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan nilai kuat lekat beton dengan kadar fly ash 15% sebesar 0,812 Mpa, beton dengan kadar fly ash 30% sebesar 0,985 Mpa, beton dengan kadar fly ash 40% sebesar 0,992 Mpa, sedangkan beton normal sebesar 0,234 Mpa, Hal ini menunjukkan kuat lekat beton meningkat seiring dengan bertambahnya kadar fly ash. Tipe keruntuhan yang terjadi pada benda uji yaitu slip pada tulangan baja dan keretakan kecil di sekitar tulangan baja.

Kata kunci : fly ash, Fly Ash Concrete (FAC), kuat lekat

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Setiya Budi, S.T., M.T.
2. Wibowo, S.T., DEA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik